USS Zumwalt: Kapal Perusak Baru Milik Angkatan Laut AS, Super Mahal dan Super Canggih

Reporter : | 17 Okt, 2016 - 1:44 pm WITA

USS Zumwalt, Kapal Perusak , harga USS Zumwalt,

USS Zumwalt (foto: NDTV)

MANADOTODAY.CO.ID – Angkatan Laut AS telah menugaskan kapal perusak terbesar, paling mahal dan berteknologi canggih, mendorong seorang laksamana mengatakan, “Jika Batman memiliki kapal, itu akan USS Zumwalt”.

Zumwalt, menelan biaya hampir $ 4,4 miliar atau sekira Rp 57,4 triliun, mempunyai tampilan yang mencolok dengan sudut tajam dan senjata tersembunyi di balik dek, desain yang unik membuat kapal sangat sulit dilacak oleh radar kapal konvensional.

“Jika Batman memiliki kapal, itu akan USS Zumwalt,” ungkap Admiral Harry B Harris, komandan Komando Pasifik AS, di mana kapal akan ditugaskan.

Kapal sepanjang 610 kaki, ditugaskan di Baltimore kemarin, juga memiliki pembangkit listrik dan sistem persenjataan canggih, kata Sekretaris Angkatan Laut Ray Mabus.

“Itu tidak terlihat seperti kapal lain dan melakukan hal-hal kapal lain tidak bisa lakukan,” kata Mabus.

Zumwalt diambil dari nama seorang Adm. Elmo R “Bud” Zumwalt, yang mendapatkan Bintang Perunggu saat Perang Dunia II yang pergi bertugas pada perang Korea dan Vietnam dan sebagai kepala operasi angkatan laut pada tahun 1970-1974.

Menurut rilis berita Navy, ada juga dua kapal lain, Michael Mansoor dan Lyndon B. Johnson, yang sedang dalam proses pembuatan di Bath Iron Works di Maine.

Hal-hal yang membedakan Zumwalt dari pendahulunya adalah:Sebuah dek penerbangan yang lebih besar yang memungkinkan operasi dengan pesawat tempur baru F-35 dan MV-22 Osprey; Tabung peluncuran rudal vertikal yang lebih besar dan canggih yang dapat menembakkan rudal serangan darat dan rudal anti kapal ; – Sebuah sistem tenaga listrik yang menghasilkan daya hampir sama dengan pembangkit listrik tenaga nuklir di kapal induk.

“Kapal dapat mengoperasikan semua sistemnya dan masih menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan sebuah kota kecil,” menurut Angkatan Laut.

Memiliki kemampuan, dengan kekuatan ekstra, untuk mengakomodasi senjata masa depan, seperti senjata api elektronik dan laser.

Sumber: NDTV.com

Baca Juga :

Leave a comment