Gubernur Sulut Buka Pameran Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana

Bulan Pengurangan Resiko Bencana , Olly Dondokambey, SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, membuka pameran peringatan bulan pengurangan resiko bencana, yang dilaksanakan di lapangan Mega Mas Manado, Rabu (12/10/2016).

Pembukaan yang turut didampingi Kepala BNPB Willem Rampangiley, jajaran Forkopimda Sulut, Walikota Manado Vecky Lumentut, ditandai dengan penguntingan pita oleh Dondokambey, dan kemudian dilanjutkan dengan meninjau pameran.

Dondokambey mengatakan, kegiatan dalam rangka memeriahkan agenda ACDM dan ADDM yang sementara berlangsung di Kota Manado ini, untuk mempromosikan budaya pengurangan resiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan. Sebab, sejak tahun 2009 telah ditetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan pengurangan reaiko bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduktion.

Sementara itu, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB Ir. Siswanto, mengatakan, pameran ini telah menjadi agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013 lalu.

Pameran ini pertama dilaksanakan di Kota Mataram NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), Kota Surakarta Jawa Tengah (2015), dan Kota Manado Tahun 2016 ini. Pameran kali ini kata Siswanto, mengambil tema “Gerakan Pengurangan Resiko Bencana Untuk Ketangguhan”, dan diikuti 72 Stand rinciannya Provinsi Sulut 15 Stand (Kabupaten/Kota se-Sulut), BPBD Jabar, DKI, Sulteng, Maluku, Malut, Gorontalo, Sulsel, Sultra, Kalimantan dan BPBD Sumbar, serta Instansi terkait lainnya. (ton)