Piether Owu: Peran Pengawas Sekolah Perlu Ditingkatkan

Reporter : | 06 Okt, 2016 - 11:28 pm WITA

Dari Rakor APSI se-Sulut di Minahasa Tenggara

 Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia, APSI, Piether OwuRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Tugas pengawas sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia lebih khusus di Sulawesi Utara (Sulut), harus ada resensi agar dapat melahirkan generasi yang unggul dalam berbagai bidang agar bisa bersaing dengan daerah lain.

“Mutu pendidikan di Indonesia harus dibenahi karena pencapaiannya masih rendah,” ujar Asisten Tiga Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra), Drs Piether Owu ME saat rapat koordinasi Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) se-Sulut yang digelar di perkebunan Lamet, Kamis (6/10/2016).

Menurut Owu, dunia pendidikan perlu sistem yang reponsif, dan perubahan harus mulai dari pendidikan dasar lalu menenga kemudian perguruan tinggi, dengan menerapkan pola pendidikan yang sesuai.

Peran para pengawas kata Owu sangat penting, karena itu mereka harus mempunyai kemampuan intelektual, emosional, sosial dan spiritual.

“Tanpa pengawas mutu pendidikan di Sulut tidak akan berjalan dengan baik, untuk itu harus ada sinkronisasi antara kepala sekolah, guru dan pengawas,”ucap Owu.

Dalam rakor ini, saya mengharapkan peran pengawas lebih ditingkatkan agar kualitas pendidikan bisa bersaing dengan daerah lain.

Mewakili Bupati James Sumendap, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya buat APSI Sulut karena telah menunjuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi tuan rumah pada rakor APSI tahun ini, ucap Owu.

Hadir dalam rakor tersebut, pengawas se-Sulut, pengurus APSI Sulut, dan para kepala sekolah.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment