Gubernur Sulut: Momentum IYD Jadikan OMK Perdalam Iman Kepada Kristus

Reporter : | 05 Okt, 2016 - 9:16 pm WITA

Olly Dondokambey, Indonesian Youth Day, IYD sulut

(foto: Jhein/Facebook)

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, mengatakan, tujuan utama pelaksanaan Indonesian Youth Day (IYD) ke-2 tahun 2016 di Keuskupan Manado untuk membawa Kristus kepada Orang Muda Katolik (OMK) dan membawa OMK kepada Kristus dengan cara yang khas OMK, sebagaimana janji firman Allah bahwa Injil harus disampaikan kepada semua orang termasuk OMK.

Hal itu dikatakan Dondokambey, saat membuka acara IYD ke-2 yang berlangsung di Stadion Klabat Manado, Selasa kemarin. Kegiatan yang dihadiri ribuan OMK dari 37 Keuskupan se-Indonesia serta peserta tamu dari Keuskupan Kinabalu Malaysia.

Sedangkan dari aspek manfaat, Dondokambey harapkan mampu menjembatani perjumpaan OMK antar keusukupan se-Indonesia, untuk menyatuh dalam satu persekutuan guna bertukar pikiran, ide, pengalam informasi, dan rasa solidaritas bahkan budaya, demi semakin teguhnya aktualisasi OMK dalam pembangunan gereja, masyarakat, daerah dan bangsa.

Pada kesempatan itu, Dondokambey menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat Sulut dihimbau untuk senantiasa menunjukan keramah-tamahan kepada para peserta dan menjaga kondusifitas keamanan selama kegiatan berlangsung, serta tunjukanlah nilai-nilai kearifan lokal yang konstruktif kepada para OMK.

“Kesemuanya itu, sebagai wujud pemenuhan tugas dan tanggungjawab kita selaku tuan rumah yang baik. Melalui momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai wahana OMK untuk memperdalam iman kepada Kristus. Karena Torang Samua Ciptaan Tuhan,” tandas Dondokambey.

Disamping itu manfaatkan pertemuan ini, sebagai wadah untuk saling meneguhkan, serta saling menginstrospeksi karya pelayanan yang selama ini dilaksanakan, guna peningkatan karya dan kerja pelayanan kedepan.

Ketua Umum Panitia IYD ke-2 Pastor Jhon Montalalu Pr, menyebutkan, misa agung dipimpin langsung Uskup Manado MGR Yosef Suwatan MSC, dan di adiri Dubes Vatikan untuk Indonesia Antonio Guido Filipazzi, serta para Uskup dari 37 Keuskupan se-Indonesia, dan Kapolda Sulut Irjen Pol. Wilmar Marpaung SH.

Montolalu menyebutkan, Gereja Katolik sedunia melalu Uskup sedunia dibawah pimpinan Paus Fransiskus bagaimana Injil dibawakan dan dihayati oleh Kaum Muda sekarang ini. Sejak beberapa tahun yang lalu, mulai dikumpulkan OMK sedunia.

Sekali lagi untuk menghayati dan menghidupi Injil sebagai warta sukacita, sehingga ada World Youth Day (WYD), Asean Youth Day (AYD) dan Indonesia Youth Day (IYD). Injil adalah kabar menggembirakan dan menyenangkan dan kita tidak hanya membatasi kepada umat Kristen tapi kepada semua umat di dunia. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment