Aji Charapita, Merica Termahal di Dunia Harga Per Kilo Capai Rp 454 Juta!!

Reporter : | 04 Okt, 2016 - 3:18 pm WITA

Aji Charapita, Merica Termahal

Aji Charapita (foto: ebay)

MANADOTODAY.CO.ID – Anda jangan pernah menilai lada atau merica ini dari ukurannya, terutama untuk harga. Lada Aji Charapita ukurannya kira-kira hanya seperti kacang polong, tapi tidak sekecil harganya. Satu kilogram lada┬ájenis ini bisa mencapai $ 35.000 atau sekira Rp 454 juta.

Berasal dari hutan Utara Peru, Aji Charapita dikenal sebagai lada liar, dan baru saat ini dibudidayakan untuk penggunaan komersial. Lada kecil ini dikatakan memiliki aroma yang kuat serta memberi rasa salsas dan saus rasa tropis, tetapi sebagian besar digunakan dalam bentuk bubuk untuk memberi rasa pedas pada berbagai hidangan. Meski masih belum cukup dikenal di negara-negara Barat, Aji Charapita sangat dicari di kalangan penikmat masakan pedas dan koki restoran bintang lima.

Mendapatkan beberapa lada Aji Charapita adalah tugas yang berat, karena dua alasan yang sangat sederhana. Pertama, sangat sulit mencarinya di luar Peru, kecuali Anda bersedia untuk membeli beberapa bibit secara online dan menanamnya sendiri, dan bahkan jika Anda berhasil menemukan penjual, harga mungkin akan mengekang antusiasme Anda.

Dijuluki “ibu dari semua cabai”, harga Aji Charapita dilaporkan paling rendah $ 25,000 per kilo atau sekira Rp 324 juta, membuatnya menjadi cabai paling mahal di dunia, dan salah satu rempah-rempah paling mahal, bersama dengan vanili dan kunyit.

Dengan tingkat kepedasan capai 30.000 – 50.000, Aji Charapita akan membakar mulut serta dompet Anda.

Baca Juga :

Leave a comment