Bersama Wanita Cantik Ternyata Buruk Untuk Kesehatan

Reporter : | 03 Okt, 2016 - 11:52 am WITA

Wanita Cantik , Kortisol , efek Kortisol

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Lima menit saja bersama dengan wanita cantik bisa meningkatkan kadar kortisol, hormon stres tubuh, menurut sebuah penelitian dari University of Valencia.

Efek tinggi dirasakan para pria yang percaya bahwa wanita yang dimaksud “tidak selevel dengan mereka”.

Kortisol diproduksi oleh tubuh karena stres fisik atau psikologis, dan telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Peneliti menguji 84 mahasiswa pria dengan meminta masing-masing untuk duduk di sebuah ruangan dan memecahkan teka-teki Sudoku. Dua orang asing, satu pria dan satu wanita, juga di dalam ruangan.

Ketika wanita asing meninggalkan ruangan dan dua orang tetap duduk bersama, tingkat stres relawan tidak naik. Namun, ketika relawan berada seorang diri dengan wanita asing, kadar kortisol-nya naik.

“Dalam penelitian ini kami menganggap bahwa untuk kebanyakan pria kehadiran seorang wanita yang menarik dapat menyebabkan persepsi bahwa ada kesempatan untuk berpacaran.” para peneliti menyimpulkan dikutip dari The Telegraph.

“Sementara beberapa pria mungkin menghindari perempuan yang menarik karena mereka pikir ‘tidak selevel dengan mereka’, mayoritas akan merespon dengan ketakutan dan hormonal secara bersamaan.” tambah peneliti.

Kortisol memiliki efek positif jika dalam dosis kecil, meningkatkan kewaspadaan dan baik untuk tubuh. Namun, jika kadar kortisol meningkat secara drastis dapat memperburuk kondisi medis seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi dan impotensi.

Baca Juga :

Leave a comment