Bocah 12 Tahun Berencana Lakukan Demo Untuk Protes Tas Sekolah Terlalu Berat

Reporter : | 30 Sep, 2016 - 4:30 pm WITA

Tas Sekolah, Rugved Raikwar, Chandrapur, india

(foto: NDTV)

MANADOTODAY.CO.ID – Bocah sekolah dasar berusia 12 tahun, Rugved Raikwar, akan memimpin aksi demo di Chandrapur, Maharashtra, India, pada 2 Oktober untuk memprotes tas sekolah yang terlalu berat.

Rugved, yang belajar di sekolah Vidyaniketan di Chandrapur, berencana menggelar ‘aksi duduk’ untuk menarik perhatian pemerintah terhadap bahaya kesehatan yang dihadapi para siswa karena tas yang berat.

“Mengurangi berat adalah penyelesain utama masalah,” kata Rugved kepada wartawan menjelang demo dikutip dari NDTV, sembari menambahkan “ini adalah langkah kecil pertama ke arah” penyelesaian masalah.

Sebelumnya, ia telah menulis surat kepada menteri Devendra Fadnavis terkait hal ini.

“15 hari sudah cukup bagi pemerintah untuk merumuskan aturan mengurangi beban tas sekolah dan dengan demikian akan memenuhi permintaan saya. Tapi, tidak ada yang dilakukan sejauh ini. Sikap cuek ini telah memaksa saya untuk langsung ‘bertarung’ dengan mereka. Dan hari Gandhi Jayanti – 2 Oktober – adalah hari terbaik untuk mengobarkan perang terhadap beban yang dipaksa ditanggung oleh siswa, “katanya.

Sementara ia telah meminta izin pada polisi setempat untuk melakukan protes, namun, ia belum menerima jawaban dari polisi. Menurut polisi, ia tidak dapat menerima izin, mengingat usianya yang masih muda.

“Saya akan maju demi ribuan siswa seperti saya. Bagaimanapun, itu adalah masalah kesehatan serta masa depan siswa,” tambahnya.

Bulan lalu Rugved, bersama dengan salah satu teman sekelasnya, telah mengadakan konferensi pers tentang masalah ini dan menawarkan beberapa alternatif untuk menyelesaikan masalah. Namun, menurut dia, pihak administrasi sekolah menolak permintaan mereka.

Baca Juga :

Leave a comment