Akhir dari Era BlackBerry, Perusahaan Umumkan Berhenti Buat Smartphone

Reporter : | 28 Sep, 2016 - 10:03 pm WITA

BlackBerry, Smartphone, MANADOTODAY.CO.ID – Setelah 14 tahun bertahan dalam bisnis smartphone, BlackBerry umumkan akan berhenti merancang smartphone milik mereka sendiri, menandai berakhirnya salah satu produk yang paling ikonik di era internet.

Perusahaan pernah menjadi yang terbesar dan paling penting dalam bisnis smartphone di dunia. Tapi telah mengatakan bahwa berhenti membuat smartphone, dan pengembangan akan di-outsourcing-kan ke mitra.

Hal ini mengakhiri spekulasi tentang apa yang akan dilakukan BlackBerry dengan bisnis smartphone milik mereka, yang secara bertahap dikalahkan perusahaan seperti Apple dan Samsung.

Mereka telah mencoba cara lain untuk bertahan, termasuk menggunakan sistem operasi Google Android pada ponsel yang dibuat sendiri. Tapi tampaknya usaha tidak sesuai dengan yang diharapkan.

“Perusahaan berencana untuk mengakhiri semua pengembangan hardware internal dan akan di-outsourcing-kan fungsinya ke mitra,” kata CEO John Chen dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Independent.

Menutup bisnis smartphone akan membantu perusahaan menghemat modal, katanya. Sebaliknya, perusahaan lain yang akan mendesain dan membuat smartphone.

BlackBerry berharap keputasan akan membuka jalan bagi mereka untuk fokus pada perangkat lunak. BlackBerry pernah menjadi fenomena, dengan BlackBerry Messenger menjadi salah satu pilihan utama orang-orang untuk sarana komunikasi di pertengahan 2000-an.

Dengan demikian, BlackBerry bergabung dengan Nokia sebagai ikon yang gagal beradaptasi dengan teknologi yang berkembang dengan cepat.

Baca Juga :

Leave a comment