Pemprov Sulut Kerjasama dengan Pemkab/Pemkot Kelola TPA Skala Regional

TPA , pengelolaan TPA, Sulawesi Utara
Pembahasan pengelolaan TPA skala regional antara Pemprov Sulut dan Pemerintah kabupaten kota

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kota, untuk pengelolaan sampah lewat tempat pembuangan akhir (TPA) skala regional.

Kerjasama tersebut, ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerjasama antara Pemprov dan pemerintah Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara, di ruang Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Rabu (28/9/2016).

Kandouw pada kesempatan itu menyatakan, kerjasama ini penting melihat perkembangan penduduk perkotaan yang pesat saat ini telah mengakibatkan hasil timbunan sampah yang meningkat, dan tentunya berpengaruh pada penyediaan TPA.

“Kondisi ini mendorong pemerintah membuat tempat pengelolaan akhir sampah agar sampah yang dihasilkan penduduk dapat dikelola dengan baik sehingga lingkungan tetap bersih,” terang Kandouw.

Pada pertemuan tersebut, dibahas bagaimana pengelolaan dan pemrosesan akhir sampah di TPA dengan skala regional, permasalahan eksiting dari sistem penanganan sampah di kota Manado Bitung, Minahasa dan Minut dimana masih terbatasnya kinerja pelayanan karena terbatasnya sarana pengumpul dan pengangkut sampah yang berkinerja andal.

“Dilaksanakannya program ini pengelolaan sampah di daerah dapat terintegrasi dengan baik, sehingga daerah bersih dan sehat,” tukas Kandouw. (ton)