Rencana Kerja Sama Tomohon-Minamiboso Diseriusi

Reporter : | 28 Sep, 2016 - 8:53 am WITA

Rapat persiapan kunjungan Tim JICA dan Kota Minamiboso

Rapat persiapan kunjungan Tim JICA dan Kota Minamiboso

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kerja sama Kota Tomohon dengan Kota Minamiboso Jepang yang difasilitasi Japan International Cooperation Agency (JICA)soal Stasiun Jalan  terus diseriusi.

Rabu (28/9/2016) hari ini, Tim JICA akan kembali mendatangi Kota Tomohon untuk menbahas kelanjutan kerja sama tersebut.

Untuk itu, Selasa (27/9/2016) kemarin dilaksanakan rapat pemantapan untuk menyambut Tim JICA.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw Msi mengatakan, dalam kunjungannya kali ini, Tim JICA akan melakukan survey dan audiensi dengan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

‘’Ya, kali ini akan dilakukan pertemuan dengan instansi terkait. Selain Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan dan Bappeda, juga akan menghadirkan Dinas PU dan Dinas Koperasi,’’ jelas Liuw.

Kamis (29/9/2016) besok, akan melakukan pemaparan di Perusahaan Daerah Pasar pada Pukul 08:30, 10:00-11:30 pemaparan di Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan.

Pukul 11:45-12:30 di Show Window.

Kemudian Pukul 14:00-15:00 pemaparan di Dinas Pariwisata, 15:00-16:30 pemaparan dari wakil divisi perhotelan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Hari Jumat, kan melihat dan melakukan dialog bersama di koperasi petani sayur mayur, sayur organik dan lainnya. Selanjutnya meninjau Agro-Wisata dan mendengarkan Pemaparan dari Petani Anggrek Tanah.

Melihat dan melakukan serta mendengarkan pemaparan dari petani bunga,  pengolahan, kios tempat jual dan lain-lain. Lokasi kunjungan lainnya adalah Processing Aren yang dekat dengan Danau Linow (mengecek potensi sumber daya pariwisata industri). Meninjau Kawangkoan (kota Kacang Sangrai, mata air panas, telur  dan Jagung rebus di air panas alami dan yang lainnya.

Selanjutnya pada Hari Sabtu akan melakukan trekking di Gunung Mahawu,  makan siang di Restoran Danau Tondano, mengelilingi Danau Tondano, mampir di Desa Pulutan Remboken sebagai desa keramik dan mata air panas.

Pada Hari Minggu mengunjungi arum jeram di Sungai Sawangan, meninjau Waruga dan Museum di Desa Sawangan, ke Kota Bitung, kembali ke Kota Bunga Tomohon dan beristirahat di Gardenia Country Inn.

Hari Senin Meninjau Kota Manado (Biro Pariwisata, Museum Sulawesi Utara, Candi Kienteng Ban Hian Kong), melanjutkan ke Pasar Ikan, mengecek tempat penyeberangan perahu ke Pulau Bunaken dll. Hari Selasa rombongan dari Pemerintah Kabupaten Minamiboso kembali ke Jepang. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment