Teleskop Terbesar di Dunia – FAST – Diaktifkan, Perburuan Alien Dimulai

Reporter : | 26 Sep, 2016 - 10:23 pm WITA

Teleskop radio terbesar, Teleskop terbesar, FAST , Aperture Spherical Telescope, china

FAST atau Aperture Spherical Telescope (foto: Shanghaiist)

MANADOTODAY.CO.ID – Teleskop radio terbesar di dunia yang dimiliki oleh China telah diaktifkan, dan bersamaan dengan itu, perburuan alien-pun dimulai, menurut laporan Shanghaiist, Senin, (26/09/2016).

Kembali pada bulan Juli, Aperture Spherical Telescope atau FAST, akhirnya selesai dibuat di daerah pedesaan di provinsi Guizhou, China. Pada hari Minggu, (25/09/2016), situs raksasa tersebut mulai beroperasi, dengan tujuan meningkatkan pemahaman umat manusia tentang asal-usul alam semesta dan menemukan kehidupan di luar bumi.

Untuk menandai peristiwa bersejarah tersebut, Presiden China, Xi Jinping, mengirim surat ucapan kepada semua ilmuwan, insinyur dan pekerja yang terlibat dalam proyek. Xi menulis bahwa satelit kolosal akan membantu China membuat “terobosan besar dalam perbatasan ilmu pengetahuan” dan membantu untuk menjadi kekuatan ilmu pengetahuan global, sembari menambahkan bahwa China memegang hak intelektual untuk pencarian alien terbesar.

Namun, para pejabat telah memperingatkan untuk tidak berharap lebih pada FAST untuk setidaknya beberapa tahun kedepan, karena para ilmuwan masih menjalankan tes dan memperbaiki bug.

Selain itu, setelah diaktifkan, peraturan baru juga mulai berlaku, radius 10 kilometer dari fasilitas harus hening. Aktivitas konstruksi, berburu, penebangan dan reklamasi lahan dalam radius dilarang, dan yang melanggar aturan akan dikenakan denda Rp 195 juta.

Proyek FAST diperkenalkan pada tahun 2007 dan konstruksi dimulai pada tahun 2011. Pada bulan Juli 2015, pekerja memasang 4.450 panel reflektif. Secara total, biaya yang diperlukan untuk membuat FAST mencapai 1,2 miliar yuan atau sekira Rp 2,3 triliun.

Teleskop ini memiliki lebar 500 meter atau setara dengan ukuran 30 lapangan sepak bola dan mengalahkan Observatorium Arecibo di Puerto Rico yang memiliki lebar 305 meter. Media pemerintah mengatakan bahwa FAST bisa mencapai jarak 11 miliar tahun cahaya.

Baca Juga :

Leave a comment