Mark Zuckerberg dan Istrinya Gelontorkan Dana Lebih Dari Rp 39,4 Triliun Untuk Akhiri Penyakit

Reporter : | 22 Sep, 2016 - 9:11 pm WITA

CEO Facebook, Mark Zuckerberg,Priscilla Chan, biohub

Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan (foto: Reuters)

MANADOTODAY.CO.ID – CEO Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, telah menjanjikan lebih dari $ 3 miliar atau sekira Rp 39,4 triliun untuk rencana ‘menyembuhkan, mencegah dan mengelola semua penyakit pada anak-anak. ”

Berbicara dengan berlinang air mata dalam sebuah acara di San Francisco, Chan mengatakan bahwa ia berharap untuk menghindarkan orangtua dari rasa sakit yang dia rasakan saat menyampaikan berita buruk sebagai dokter anak.

”Saat momen itu dan masih banyak yang lain, kita berada di batas kemampuan untuk mengerti tentang tubuh manusia dan penyakit, ilmu di balik obat, batas kemampuan kita untuk meringankan penderitaan. Kami ingin mendorong kembali batas itu, “katanya dikutip dari Metro.

Acara ini dihadiri oleh tokoh bisnis dan politik, diantaranya termasuk mantan CEO Microsoft Corp, Bill Gates, Walikota San Francisco, Ed Lee, dan Letnan Gubernur California, Gavin Newsom.

Zuckerberg mengatakan ilmu pengetahuan dan komunitas medis telah membuat kemajuan pesat selama 50 tahun terakhir, termasuk pemberantasan cacar dan hampir menghilangkan polio tanpa bantuan teknologi modern.

“Saat ini, hanya empat jenis penyakit yang menyebabkan banyak kematian, kanker, penyakit jantung, penyakit menular dan penyakit saraf” Zuckerberg menambahkan dalam sebuah postingan di halaman Facebook-nya.

“Kita bisa membuat kemajuan pada semua itu dengan teknologi yang tepat.” tambahnya.

Rencana termasuk menciptakan pusat penelitian Bioscience yang disebut Biohub, mengembangkan sebuah chip untuk mendiagnosa penyakit, dan cara untuk memantau aliran darah secara terus menerus serta memetakan jenis sel dalam tubuh.

Chan dan Zuckerberg akan menyumbangkan $ 600 juta atau sekira Rp 7,8 triliun selama dekade berikutnya ke Biohub di San Francisco, serta membawa peneliti dan ilmuwan dari Universitas California di San Francisco, Universitas California di Berkeley dan Universitas Stanford.

Dua proyek awal Biohub adalah Cell Atlas, peta sel yang mengontrol organ utama tubuh, dan penyakit menular untuk mengembangkan alat, tes, vaksin dan strategi baru untuk memerangi penyakit seperti HIV, Ebola dan Zika.

Biohub akan dipimpin oleh profesor San Francisco Joseph DeRisi dari Universitas California, dan profesor Stephen Quake dari Universitas Stanford.

Sementara Dr. Cori Bargmann, seorang ahli syaraf dari Universitas Rockefeller, akan memimpin semua rencana dari Chan Zuckerberg.

Setiap penelitian, alat dan bahan yang dihasilkan Biohub, akan bekerjasama dengan jaringan 10 sampai 15 laboratorium di seluruh dunia serta akan ‘tersedia untuk setiap ilmuwan, di mana-mana, “kata Bargmann.

Baca Juga :

Leave a comment