Lelah Menunggu Daftar Tunggu, Insinyur Nekat Operasi Dirinya Sendiri

Reporter : | 21 Sep, 2016 - 2:02 pm WITA

Insinyur , Operasi , Graham Smith, inggris

Graham Smith (foto: YouTube)

MANADOTODAY.CO.ID – Graham Smith, seorang insinyur dari Lancashire, Inggris, telah mengoperasi dirinya sendiri untuk mencabut jahitan sepanjang delapan milimeter bekas operasi beberapa tahun lalu, setelah operasi yang dijadwalkan untuk dirinya dibatalkan dua kali.

Smith menjalani operasi usus 15 tahun yang lalu, dan ditinggalkan dengan jahitan menonjol di kulit perutnya. Dia pertama kali melaporkan masalah di rumah sakit tempat ia menjalani operasi usus pada tahun 2011, tapi ia dimasukkan dalam daftar tunggu dan operasi dibatalkan dua kali. Daripada menunggu giliran dan menghadapi resiko kematian akibat septikemia (keracunan darah), insinyur itu memutuskan untuk mengoperasi dirinya sendiri menggunakan alat yang dimodifikasi berbahan titanium yang dia dapatkan dari temannya yang bekerja sebagai dokter gigi.

“Saya mencoba untuk melakukannya dengan cara normal … tapi saya punya septikemia,” kata Smith kepada BBC.

“Saya tidak membuat keputusan dengan cepat – saya putus asa, tapi saya harus mengambil keputusan dan saya tidak siap untuk duduk dan mati menunggu daftar tunggu.” tambahnya.

Mengenai kawat yang menonjol di perutnya, Graham mengatakan itu adalah benjolan nilon sepanjang 8mm dengan 12 simpul yang benar-benar erat.

“Jika saya hanya memotongnya, itu mungkin akan tertarik masuk dan saya akan berada dalam kesulitan, sehingga saya harus memotong ikatan satu per satu dan saya harus membuat beberapa alat untuk melakukan hal ini,” katanya dalam sebuah wawancara, sembari menambahkan, “ada sedikit darah dan lumayan sakit, tapi saya yakin dengan apa yang saya lakukan.”

Percaya atau tidak, operasi itu sukses, dan Smith mengatakan setelah 15 tahun ia merasa baik-baik saja.

“Saya seorang insinyur spesialis. Saya melakukan pekerjaan yang orang lain tidak bisa lakukan, tapi saya bukan ahli bedah, jadi jangan coba ini di rumah, “ia mengingatkan kepada siapa pun yang berpikir untuk meniru aksinya.

Graham, tentu bukan orang pertama kali yang mencoba mengoperasi diri mereka sendiri. Pada tahun 2011, Wu Yuanbi, seorang wanita China, mengoperasi dirinya sendiri menggunakan pisau dapur biasa karena tidak mampu membayar biaya rumah sakit.

Baca Juga :

Leave a comment