Dipimpin Wagub Kandouw, Pemprov Sulut Ziarah di Makam Sam Ratulangi

Ziarah yang dilakukan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama jajaran Pemprov Sulut di makam pahlawan nasional DR. Sam Ratulangi
Ziarah yang dilakukan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama jajaran Pemprov Sulut di makam pahlawan nasional DR. Sam Ratulangi

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Dibawa pimpinan Wakil Gubernur Steven Kandouw, jajaran Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) ziarah di makam pahlawan nasional DR. GSSJ Ratulangi, Selasa (20/9/2016).

Pada ziarah yang digelar di makam yang terletak di Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, dilakukan upacara penghormatan dan tabur bunga.

Kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT Provinsi Sulut ke-52 ini, dilanjutkan di makam Gubernur Sulut periode 2000-2005 Drs. AJ Sondakh di Bukit Kasih Kanonang, ziarah di makam mantan Wagub Sulut periode 2000-2005 dan 2005-2010 Freddy Harry Sualang di desa Leilem Minahasa, serta makam mantan Wagub Sulut Drs H Ahmad Nadjamuddin di pekuburan Islam Tuminting Manado.

“Upacara ziarah ini, dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulut. Maksud dari ziarah ini, selain untuk menghormati jasa para mantan gubernur dan wakil gubernur juga sebagai sarana bagi kita para penerus dapat mengenang kembali dan meneladani semangat perjuangan serta kepemimpinan mereka dalam membangun daerah ini,” ujar Kandouw.

Diketahui, untuk peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Provinsi Sulut tahun 2016 merupakan yang pertama kali dilakukan Wagub Kandouw sejak dilantik Presiden RI Joko Widodo menjadi Wagub Sulut berpasangan dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE pada Tanggal 12 Februari 2016 lalu di Istana Kepresidenan Jakarta

. Turut hadir pada ziarah tersebut, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sulut, Jhon Palandung, selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-52 Provinsi Sulut, Karo Pemerintahan dan Humas Sulut, Jemmy Kumendong selaku Sekretaris Umum Panitia serta sejumlah Pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulut, Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sulut dr. Liesje GL Punuh, mengatakan, upacara ziarah akan dilanjutkan Rabu (21/09) besok di makam mantan Gubernur Sulut Mayjen TNI (Purn) HV Worang di Desa Tontalete Minut, dan mantan Gubernur Sulut Mayjen TNI (Purn) CJ Rantung di TMP Kairagi Manado. (ton)