Wali Kota Tomohon Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Reporter : | 20 Sep, 2016 - 7:02 pm WITA

Wali Kota saat mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Wali Kota saat mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Selasa (20/9/2016) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2016 yang dilaksanakan di Gedung Dharmapala  Kementerian Keuangan Republik Indonesia  dibuka secara resmi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Pada kegiatan yang diikuti kepala-kepala daerah se-Indonesia tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan siap dan akan terus mendampingi Pemerintah Daerah (Pemda) sekaligus kementerian/lembaga dalam hal pengelolaan keuangan agar semakin baik, prudent, akuntabel dan sesuai tata kelola yang baik.

‘’Fokus pada pengelolaan keuangan negara tidak hanya berorientasi kepada laporan keuangan yang baik. Tetapi juga agar keuangan negara bisa digunakan secara efektif dalam rangka mencapai tujuan pembangunan tersebut,’’ kata menteri.

Tujuan Rakernas lanjut Sri Mulyani, bertujuan untuk meningkatkan komitmen dari seluruh pimpinan kementerian/lembaga, gubernur, hingga bupati dan walikota, tidak hanya dari sisi memperbaiki kualitas pengelolaan keuangan negara, namun juga kualitas di dalam menggunakan keuangan negara itu untuk mencapai tujuan pembangunan.

Wali Kota didampingi Kabag Humas dan Protokol di Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Wali Kota didampingi Kabag Humas dan Protokol di Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

“Kita juga berharap makin banyak masyarakat yang memahami bagaimana membaca laporan keuangan ini. Sehingga dia mampu menjadi bagian dari akuntabilitas yang efektif. Apalagi informasi dari laporan keuangan bisa digunakan untuk membantu memahami kinerja APBN dan APBD,’’ tukasnya.

Sementara Wali Kota Tomohon mengatakan, pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Tomohon mengikuti aturan dan undang-undang yang ada di mana Pemerintah Kota Tomohon telah melakukan pengelolaan keuangan melalui sistem pelaporan keuangan berbasis akrual.

‘’Sistem ini berbeda dengan sistem sebelumnya yang menggunakan basis kas. Kalau berbasis kas kan hanya kas urusannya, hanya keuangan urusannya. Kalau akrual itu uang itu dipakai untuk apa, dinilai keseluruhannya. Jadi, berbasis keuangan dan berbasis kinerja sekaligus, itu kelebihannya akrual,’’ kata Eman.

Tahun ini, pemerintah Kota Tomohon mendapatkan penghargaan dalam laporan keuangannya yakni meraih opini WTP yang telah diraih selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan ini diperoleh berkat kerja sama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon bersama dukungan dari masyarakat. Dalam Rakernas ini wali kota didampingi Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Ferdinand  Lantang SSTP bersama para staf dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (PPKBMD). (ark)

Baca Juga :

Leave a comment