SAS Kukuhkan Kelompok Tani dan Tanam Padi Serentak Bersama TNI-AD

SAS saat mengukuhkan Kelompok Tani se-Kota Tomohon
SAS saat mengukuhkan Kelompok Tani se-Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon dan TNI-AD Selasa (20/9/2016) bertempat di Perkebunan Katuanaan bekerja sama melakukan penanaman padi secara serentak dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok tani se-Kota Tomohon.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) bersama TNI Angkatan Darat.

Sebanyak 170 kelompok tani se-Kota Tomohon dikukuhkan Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) dengan rincian kelompok tani pertanian 119 kelompok, pembudidayaan perikanan 10 kelompok, dan kelompok kehutanan yang berjumlah 41 kelompok.

Kelas pemula sebanyak 80 kelompok tani, kelas lanjut 69, kelas madya 20 serta kelas utama 1 kelompok tani.

SAS usai mengukuhkan kelompok tani
SAS usai mengukuhkan kelompok tani

Wakil Wali Kota SAS saat mengukuhkan para kelompok tani mengatakan, pengembangan kapasitas kelembagaan petani diarahkan untuk meningkatkan kelembagaannya menjadi kelembagaan ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha serta posisi tawar petani.

‘’Walaupun kelembagaan petani sampai saat ini boleh dikata belumlah kuat dan perkembangannya belumlah seperti apa yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan langkah dan upaya khusus dalam rangka pemberdayaan petani melalui pola, metode dan strategis penyuluhan melalui program dan kegiatan untuk membantu memfasilitasi petani dalam memperbaiki sistem pengelolaan usaha tani menjadi usaha tani berorientasi bisnis,’’ ujar Sompotan.

Melalui pengukuhan kelompok tani, diharapkan mampu membangun sinergitas antar petani dan antar kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya sebagai kelas belajar, wahana kerja sama dan unit produksi agar menjadi kelembagaan ekonomi yang kuat dan mandiri.

Kaitannya dengan kerjasama kelompok tani bersama unsur TNI-AD dalam menyukseskan ketahanan pangan agar tetap dibina dan terus dipertahankan.

Pemkot Tomohon-TNI AD tanam padi serentak
Pemkot Tomohon-TNI AD tanam padi serentak

Sementara Dandim 1302 Minahasa melalui Danramil Tomohon Kapten Inf Feki Welang mengatakan, pihaknya tetap terus mendukung program ketahanan pangan di Kota Tomohon.

‘’Kegiatan tanam padi serentak merupakan juga program dari Mabes TNI dan kegiatan ini berlaku secara menyeluruh,’’ ucap Welang.

Sebelumnya Kaban BP4K Kota Tomohon Ir Jantje Ering menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan petani serta penguatan dan pemberdayaan kelembagaan petani dan kelompok tani sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kelembagaan BP4K.

Usai pengukuhan kelompok tani, Wawali SAS didampingi Sekretaris Kota Dr Arnold Poli SH MAP bersama unsur petani dan TNI menanam padi sebagai simbol penanaman serentak telah dilaksanakan. (ark)