Penelitian: Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik Untuk Mencegah Kanker

Reporter : | 19 Sep, 2016 - 3:47 pm WITA

Mencegah Kanker, kanker, kekebalan tubuh

(foto: NDTV)

MANADOTODAY.CO.ID – Pencegahan kanker berbasis sistem kekebalan tubuh harus menjadi fokus baru dalam pencegahan kanker, kata peneliti dikutip dari NDTV.

“Sistem kekebalan tubuh mampu mencegah kanker dan menahannya agar tidak menjadi ganas. Itu dilakukan berkali-kali setiap hari dalam diri kita semua. Itu kemampuan alami yang kita ingin untuk dimanfaatkan,” kata Elizabeth M Jaffee dari Universitas Johns Hopkins di USA.

“Membangun pertahanan bawaan kita untuk melawan kanker adalah dasar dari immunoterapi baru, yang telah menunjukkan harapan besar dalam waktu yang sangat singkat,” tambah Jaffee.

Alat-alat penelitian baru telah memungkinkan kita untuk menguraikan secara rinci bagaimana kanker bertumbuh, bagaimana jaringan jinak atau prakanker berubah ganas dan mematikan, kata para peneliti.

Penelitian pencegahan telah dilakukan, namun kemajuan masih belum berdasarkan fakta dan terisolasi.

“Jika tujuannya untuk pemberantasan kanker, kita perlu fokus baru yang radikal, investasi dan pendekatan untuk penyakit sebelum menjadi ganas dan pencegahan kanker, yang didukung dan ditopang secara luas, upaya yang mendalam seperti Kanker Moonshot dan Proyek Vaksin Manusia,” kata Scott M Lippman, Direktur Moores Cancer Center di Universitas California.

Melanjutkan dan pengembangan baru dari vaksin kanker seperti vaksin human papilloma virus (HPV) yang menyediakan hampir 100 persen perlindungan terhadap strain terkait pada beberapa jenis kanker, akan sangat penting katanya dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal PNAS.

Baca Juga :

Leave a comment