Panja Komisi IX DPR-RI Tinjau Perkembangan Ketenagakerjaan di Kota Bitung

Reporter : | 18 Sep, 2016 - 12:27 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Tim Panitia Kerja (Panja) Komisi IX DPR-RI dipimpin Dede Jusuf Muhajar Efendi, mengunjungi Kota Bitung ddan diterima Walikota Max lLomban, di Ruang Sidang Lantai IV kantor Walikota Bitung, akhir pekan lalu.

Dede Yusuf selaku  piimpinan rombongan mengatakan tujuan kunjungan ggun melihat langsung perkembangan ketenagakerjaan yang ada di kota Bitung baik pekerja lokal maupun pekerja asing.

“Kunker kami bagian dari pengawasan tenaga kerja asing, menyikapi investasi yang marak berkembang di Indonesia sehingga mengundang banyak pekerja asing serta apa dan bagaimana kontribusi pekerja asing tersebut, terlebih keberadaan pekerja yang kewarganegaraanya kurang jelas yang dikenal dengan (Philipin-Sangihe) atau Phi-Sang” ujar Dede.

Sementara itu Walikota Max Lomban mengatakan bahwa keberadaan tenaga kerja yang berstatus informal sesuai dengan data terakhir berjumlah 1492 orang, dimana setelah bekerja sama dengan Kemenkumham sudah ada 54 orang telah mendapatkan hak kewarganegaraannya.

“Yang belum mendapatkan hak kewarganegaraannya terkendala karena belum genap 5 tahun, sedangkan yang telah mendapatkan hak tersebut karena telah menetap lebih dari 5 tahun.” jelas Lomban.

Ditambahkan Lomban,  keberadaan tenaga asing formal di kota Bitung sekitar 80 orang, dan tersebar di beberapa perusahaan, namun yang paling banyak ada di perusahaan pengalengan ikan PT RD Pacific International sekitar 39 orang.

“Dan diharapkan setelah melihat langsung keberadaan kota Bitung dan mendapatkan informasi terkait ketenagakerjaan yang ada, akan menjadi bahan evaluasi serta berkoordinasi dengan Kementrian terkait guna mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi khususnya masalah ketenaga kerjaan,” kuncinya.(lou)

Baca Juga :

Leave a comment