10 Film Ini Ternyata Sudah Memprediksi Masa Depan

Reporter : | 16 Sep, 2016 - 2:38 pm WITA

masa depan

Smart Watch dalam film Star Trek (foto: YouTube)

MANADOTODAY.CO.ID – Selain untuk menghibur, beberapa film ternyata lebih baik dalam hal memprediksi masa depan. Video call, smartphone, drone┬ásampai smartwatch, ternyata sudah ditemukan lebih dulu bertahun-tahun yang lalu, berikut adalah beberapa film yang memiliki kemampuan memperdiksi masa depan dikutip dari Mentalfloss:

1. 2001: A SPACE ODYSSEY (1968)

Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey ,telah memprediksi penggunaan video call dan kecerdasan buatan (AI) seperti Siri. 2001 juga memprediksi pariwisata ruang angkasa, yang sekarang masi dalam pengembangan oleh taipan teknologi seperti Richard Branson dan Elon Musk.

2. STAR TREK: THE MOTION PICTURE (1979)

Apa yang belum diprediksi oleh Star Trek? Salah satu yang paling terkenal adalah ponsel; penemu Martin Cooper, bersama timnya di Motorola membuat ponsel pertama, yang terinsiparsi dari alat komunikasi Kapten Kirk. Komunikator yang dikenakan di pergelangan tangan juga adalah cikal bakal smartwatch modern, PADD (Personal Access Data Device) pada dasarnya adalah tablet, dan bukankah earpiece yang dipakai Uhura sangat mirip dengan headset Bluetooth? Dalam Star Trek: The Next Generation telah memperkenalkan, replicator – perangkat yang tampaknya mensintesis makanan; rincian mungkin tidak sama, tapi pada dasarnya itu adalah printer 3D.

3. AIRPLANE II: THE SEQUEL (1982)

Airplane II: The Sequel secara akurat telah memprediksi scanner tubuh di bandara sebelum itu banyak digunakan di bandara-bandara dunia.

4. BLADE RUNNER (1982)

Papan iklan digital raksasa merupakan pemandangan umum bagi mereka yang tinggal di New York, Tokyo, dan kota-kota besar lainnya, tapi hal itu sudah ada pada tahun 1982 dalam film arahan Ridley Scott. Blade Runner juga merupakan salah satu dari sedikit film sci-fi yang karakternya menggunakan panggilan video call.

5. THE TERMINATOR (1984)

Skynet mungkin tidak bermunculan untuk membunuh kita semua (belum), tapi ada satu hal dari The Terminator yang sudah terwujud: keberadaan drone militer.

6. BACK TO THE FUTURE PART II (1989)

Kita mungkin masih belum memiliki mobil terbang, tapi Back to the Future Part II telah memprediksi teknologi yang dapat dikenakan, Google Glass.

7. TOTAL RECALL (1990)

Uber, Tesla, dan Google, adalah beberapa perusahaan yang mengembangkan mobil self-driving atau dapat berjalan sendiri; meskipun sampai saat masih belum dijual secara luas karena masih dalam pengembangan lebih lanjut. Tapi, Arnold Schwarzenegger telah melakukan hal tersebut dalam film Total Recall.

8. GREMLINS 2: THE NEW BATCH (1990)

Dengan pintu, lampu, dan semua yang serba otomatis di gedung pencakar langit Clamp Tower, di mana sebagian besar aksi film berlangsung, merupakan cikal bakal “rumah pintar” modern.

9. HACKERS (1995)

Sebagian besar teknologi di Hacker terlihat cukup konyol saat ini, tapi ada satu hal yang: virtual reality game. Dalam salah satu adegan, hacker jahat The Plague terlihat bermain video game pada sesuatu yang tampak sangat mirip seperti Oculus Rift.

10. THE NET (1995)

Dalam film digambarkan pencurian identitas online sebelum itu benar-benar terjadi saat ini. Lebih penting lagi, film memperkirakan zaman ketika kita bisa memesan pizza tanpa meninggalkan rumah.

Baca Juga :

Leave a comment