Remaja Gugat Orangtua Karena Memposting Foto ‘Memalukannya’ di Facebook

Reporter : | 16 Sep, 2016 - 12:53 am WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang remaja menggugat orangtuanya karena memposting foto memalukan dirinya di Facebook.

Remaja berusia 18 tahun mengklaim foto termasuk saat dia sedang mengganti popok dan duduk di toilet ketika masih bayi, dianggap sebagai pelanggaran privasi.

Wanita yang tinggal di Carinthia, Austria, mengatakan bahwa sejak tahun 2009, orangtuanya telah membuat hidupnya sengsara dengan terus-menerus memposting foto di akun media sosial mereka saat dia masih bayi.

Michael Rami, pengacara remaja tersebut, mengatakan bahwa sampai saat ini orangtuanya telah memposting 500 foto kliennya di situs media sosial tanpa persetujuannya. Ia percaya memiliki peluang bagus untuk memenangkan pengadilan.

”Mereka tidak tahu malu dan tidak peduli apakah itu foto saya sedang duduk di toilet atau berbaring telanjang di ranjang – setiap fotodibuat publik.” katanya dikutip dari Metro.

Dia mengatakan kepada media lokal bahwa meskipun sudah meminta, orangtuanya menolak untuk menghapus foto, yang mendorong dia untuk menuntut mereka.

”Saya bosan tidak dianggap serius oleh orang tua saya.” ketusnya.

Sementara kasus ini yang pertama dari jenisnya di Austria, pengacaranya mengatakan bahwa berdasarkan kasus serupa di luar negeri, orangtua remaja itu mungkin harus membayar kompensasi berupa, dan juga akan bertanggung jawab atas biaya hukumnya.

Undang-undang privasi Austria untuk media sosial tidak ketat seperti beberapa negara lain.

Misalnya di Perancis, seseorang yang memposting dan mendistribusikan gambar orang lain tanpa persetujuan, bisa menghadapi hukuman satu tahun penjara dan denda hingga 45.000 EUR atau sekira Rp 668 juta. Ini juga berlaku untuk orang tua yang menguplod foto anak mereka.

Baca Juga :

Leave a comment