Ayah Dari Lebih 800 Anak, Diego Berhasil Selamatkan Spesiesnya dari Kepunahan

Reporter : | 16 Sep, 2016 - 12:09 am WITA

Diego , Santa Cruz Island, Kepulauan Galapagos

Diego si Kura-kura (foto: phys.org)

MANADOTODAY.CO.ID – Diego yang adalah spesies Kura-kura langkah, Chelonoidis hoodensis, sangat sibuk selama 50 tahun terakhir … Kata sibuk di sini berarti dia telah menjadi ayah dari lebih dari 800 anak – dan hal itu membuat spesiesnya terhindar dari kepunahan.

Diego yang memiliki berat sekira 82 kilogram, diambil dari kebun binatang San Diego dan dibawa ke Espanola, Kepulauan Galapagos, lima dekade yang lalu dengan harapan ia akan berkembang biak.

Sebelum kedatangannya, hanya ada dua laki-laki dan 12 perempuan dari spesies Chelonoidis hoodensis yang hidup di Espanola, dan mereka telah menyebar terlalu jauh untuk mereproduksi.

Diego, bagaimanapun, telah melakukan lebih dari kura-kura lain dan sekarang tinggal di sebuah pusat penangkaran kura-kura di Santa Cruz Island yang merupakan salah satu pulau terbesar di Galapagos, di mana ia berbagi kandang dengan enam perempuan.

Washington Tapia, seorang spesialis pelestarian kura-kura di Taman Nasional Galapagos, mengatakan dikutip dari Metro: “Dia seorang laki-laki yang sangat aktif secara seksual. Dia memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan populasi pulau.

“Kami melakukan penelitian genetik dan menemukan bahwa dia adalah ayah dari hampir 40% keturunan yang dilepaskan ke alam liar di Espanola.” tambahnya.

Totalnya, ada sekira 2.000 kura-kura yang kini telah dirilis ke pulau dan spesies tidak lagi terancam punah. Kura-kura ini hanya ditemukan di Espanola, Kepulauan Galapagos.

Baca Juga :

Leave a comment