Pemkab Mitra akan Perbaiki Saluran Irigasi Persawahan Embuk di Tosuraya

Bupati Mitra berdialog dengan petani di Tosuraya
Bupati Mitra berdialog dengan petani di Tosuraya

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) akan melakukan perbaikan saluran irigasi di kawasan persawahan Embuk yang berada di Kelurahan Tosuraya.

Ini setelah masyarakat yang menggunakan irigasi tersebut mengeluh kepada Bupati James Sumendap SH saat berdialog dengan masyarakat belum lama berselang.

Masyarakat mengeluh karena debit air yang telah berkurang menyusul  rusaknya saluran irigasi yang berfungsi mengaliri kawasan persawahan tersebut.

‘’Saluran airnya sudah mengalami kerusakan, dan sudah berlubang sehingga pasokan airnya berkurang,” kata Sekretaris Kelompok Petani Pengguna Air (PPA) persawahan Embuk, Sem Montolalu.

Kurangnya debit air lanjut Montolalu, bukan karena adanya saluran air yang dialihkan ke kawasan perkebunan lainnya.

‘’Lewat dialog ini kami berharap Pemkab Mitra bisa melakukan perbaikan irigasi yang mengaliri air ke persawahan kami,” ujarnya.

Mendapat keluhan ini, Bupati James Sumendap SH mengatakan, pihak Pemkab dalam hal ini ia bersama Wakil Bupati Ronald Kandoli akan melakukan perbaikan saluran irigasi tersebut dalam waktu dekat.

“Instansi teknis terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum untuk segera melakukan perbaikan,” katanya.

Sumendap menambahkan, dengan adanya perbaikan tersebut diharapkan dapat membantu para petani untuk meningkatkan produksi padi. Perbaikan saluran irigasi ini dianggarkan sebesar Rp700 juta. (ten)