Dondokambey Lepas Kontingen PON Sulut

“PON Jadi Momentum Kebangkitan Olah Raga Sulut”

tmp-cam-1439997567SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, melepas kontingen PON Sulut, Selasa (13/9/2016). Pelepasan kontingen yang digelar di ruang C.J. Rantung kantor gubernur Sulut ini, ditandai dengan penyerahan panji oleh Dondokambey kepada Wagub Steven Kandouw selaku Ketua Kontingen PON Sulut.

Dondokambey dalam sambutannya, mengatakan, ajang PON yang akan digelar di Jawa Barat Tahun 2016 ini menjadi momentum kebangkitan olahraga Sulut.

“Mudah-mudah PON kali ini menjadi ajang peningkatan prestasi bagi atlet cabang olahraga Sulawesi Utara. Kita tungguh hasil pembinaan olah raga yang sangat singkat ini untuk memberikan hasil maksimal bagi daerah ini,” ujar Dondokambey.

Dikatakan dia, harus diakui kontingen Sulut dalam perhelatan olahraga empat tahunan kali ini, sengaja tidak mengambil atlet dari luar untuk membela Sulut, apa lagi atlet-atlet Sulut yang sudah keluar mewakili daerah lain, melainkan lebih percaya pada atlet-atlet lokal yang ada saat ini.

“Karena sasaran kami nanti pada PON di Papua. Kita sudah siap dengan pembinaan atlet lokal yang lebih mantap dengan jangka waktu panjang persiapannya. Saya berpesan walaupun tidak membebani target medali yang banyak, tapi semangat bertanding kalian jangan sampai kendur. Mudah-mudahan kalian bisa membawa pulang prestasi yang menggembirakan bagi masyarakat Nyiur Melambai,” ingat Dondokambey.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut, Mecky M Onibala, dalam laporannya, mengatakan, pelaksanaan PON XIX Jabar akan berlangsung mulai 17 sampai dengan 29 September 2016 mendatang.

Untuk Sulut akan mengirim 284 atlet, yang akan mengambil bagian dalam 26 cabang olahraga (cabor) yakni Anggar, Atletik, Balap Motor, Basket, Berkuda, Billiard, Bridge, Bowling, Catur, Dansa, Golf, Gantole, Kempo, Karate, Menembak, Pencak Silat, Bulutangkis, Selam, Terjun Paying, Tenis Meja, Tinju, Volly, Wushu, Renang, Taekwondo dan Judo.

“Dalam PON kali ini, Sulut juga mengikutsertakan dua cabor eksebisi yakni Gateball dan Soft Tenes,” pungkasnya. (ton)