Siap Berburu Alien, Teleskop Terbesar di Dunia Akan Beroperasi Bulan Ini

Reporter : | 08 Sep, 2016 - 6:49 pm WITA

Teleskop Terbesar , Aperture Spherical Telescope ,FAST, china

Aperture Spherical Telescope atau FAST (foto: Shanghaiist)

MANADOTODAY.CO.ID – Jika ‘mereka’ memang benar-benar ada┬ádi luar sana, maka China ingin jadi yang pertama yang menemukannya.

Pada bulan Juli, teleskop radio terbesar di dunia selesai dibangun di daerah pedesaan Guizhou. Piring super besar ini akan mulai beroperasi akhir bulan ini, dengan tujuan meningkatkan pemahaman umat manusia tentang asal-usul alam semesta dan menemukan kehidupan kehidupan lain di luar bumi.

Semuanya dimulai pada tanggal 25 September, ketika peraturan baru diberlakukan untuk memastikan struktur seluas 500 meter – Aperture Spherical Telescope atau FAST – dapat beroperasi dengan aman. Aturan mengharuskan area dalam radius 10 km disekitar teleskop harus sunyi. Semua kegiatan mulai dari konstruksi, berburu, penebangan dan reklamasi lahan dilarang dalam radius, jika ada yang melarang akan dikenakan denda 100.000 yuan atau sekira Rp 196 juta, Xinhua melaporkan.

Pemerintah Guizhou telah merelokasi hampir 10,000 penduduk yang tinggal dalam radius 20 km dari teleskop.

Proyek FAST diperkenalkan pada tahun 2007 dan konstruksi dimulai pada tahun 2011. China mengeluarkan biaya sebesar 1,2 miliar yuan atau Rp 2,3 triliun untuk membuat fasilitas tersebut.

Piring selebar 500 meter yang dimiliki oleh FAST setara dengan ukuran 30 lapangan sepak bola, mengalahkan Observatorium Arecibo di Puerto Rico, 305 meter. Semakin besar piring, semakin baik teleskop dapat menangkap sinyal lemah dari galaksi yang sangat jauh, media pemerintah bahkan mengatakan bahwa FAST bisa menangkap sinyal sejauh 11 miliar tahun cahaya.