Perempuan Tertua di Dunia Meninggal Diusia 119 Tahun

Reporter : | 05 Sep, 2016 - 1:42 pm WITA

Perempuan Tertua di Dunia , Chengdu, Fu Suqing,

Fu Suqing (foto: Chengdu Business Daily)

MANADOTODAY.CO.ID – Fu Suqing, perempuan tertua di dunia, meninggal pukul 08:35 pada hari Sabtu di rumahnya di Chengdu, provinsi Sichuan, China. Dia mencapai usia 119 tahun pada 21 Agustus 2016.

Kematian mendadaknya membuat kerabat Fu Suqing menyesal karena tidak bisa melihatnya untuk yang terakhir kalinya.

Banyak orang berkabung atas kematian wanita yang telah mencapi generasi keempat tersebut.

“Mereka datang dari daerah sekitar Chengdu,” kata Leng Ting, cicit perempuan Fu kepada Chengdu Business Daily.

Leng Ting mengatakan kepada Chengdu Business Daily bahwa pada Sabtu pukul 08:00 pagi, semuanya tampak seperti biasa. Ketika tiba waktunya untuk sarapan, Fu tidak punya nafsu makan dan menolak untuk makan. Tiba-tiba, mereka melihat Fu jatuh dari tempat tidur, matanya terbuka, namun tidak bernapas. Insiden itu terjadi tiba-tiba, Fu pergi tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Fu Suqing yang lahir di Jianyang, pindah ke daerah Shuangliu dengan suaminya 40 tahun yang lalu. Dalam hal makanan, Fu menyukai gandum, dia juga senang makan babi goreng dan bisa makan daging babi saat pagi dan sore hari.

“Dia makan tiga kali sehari – babi goreng. Dia juga senang makan persik, anggur, dan kacang-kacangan.” ungkap Leng Ting.

Fu Suqing memiliki kesehatan yang baik untuk waktu yang lama. Ketika ia berusia lebih dari 100 tahun, dia sering memetik jeruk dan membersihkan halaman. Namun, tahun ini kesehatannya relatif memburuk, dia kehilangan berat badan dan banyak tidur.

“Dia dulu makan banyak – babi goreng, tapi kemudian ia mulai makan lebih sedikit dan kadang-kadang hanya makan sup,” kata Xu Shuhua, putri Fu.

Wanita tua itu juga sering marah. Dia tidak lagi senang disentuh orang lain, kehilangan ingatan, dan tidak lagi bisa mengenali cucunya.

Title Fu sebagai perempuan tertua di dunia diberikan oleh Carrying The Flag World Records pada tahun 2013 dan 2016, otoritas yang berbasis di London untuk pemecahan rekor.

Baca Juga :

Leave a comment