Peringati HAN, Pemkot Tomohon Gelar Lomba Kreativitas Anak PAUD

Reporter : | 02 Sep, 2016 - 11:09 pm WITA

Lomba Kreatifitas Anak di HAN

Lomba Kreatifitas Anak di HAN

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendidikan Daerah menggelar Lomba Kreatifitas Anak-Anak Paud Tingkat Kota Tomohon Tahun 2016 dalam rangka kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) bertempat di Taman Kota Tomohon Jumat (02/09/16).

Peserta lomba berjumlah 55 dari PAUD kelompok bermain dan TK se- Kota Tomohon dengan 7 jenis lomba yakni gerak dan  lagu, paduan suara, bintang vokalia, syair, presenter putra ucapan selamat datang, presenter putri ucapan terima kasih dan peragaan busana pesta.

Kriteria yang dinilai kesesuaian tema, kekompakan, bahasa tubuh, kepercayaan diri, vokal, ekspresi.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional 2016 ini dimaknai sebagai kepedulian terhadap pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal khususnya di Kota Tomohon.

‘’Anak usia dini adalah masa usia emas artinya pendidikan sejak usia dini sangat menentukan masa depan bangsa, karena itu anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan Negara,’’ jelas Mogi.

Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B ayat 2 bahwa Negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha serta pemerintah akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak terhadap kekerasan.

Di akhir sambutannya, Mogi berharap agar keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan dan pemahaman yang komprenhensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak agar generasi penerus bangsa yang dihasilkan akan sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, cinta tanah air dan memiliki minat, bakat dan inovatif melalui lomba kreatifitas anak-anak paud di Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan lomba ini Camat Tomohon Timur Sherly Bororing SP MM SIP, Lurah Paslaten Satu Sandra Pangemanan SPd.

Sementara sebagai juri dari Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Sulawesi Utara Wakil Ketua Daniel Mokoagouw SPd, Bendahara Femmy M SPd dan Sekretaris Margaretha Paat SPd dan para peserta lomba.(ark)

 

Baca Juga :

Leave a comment