Balai Penyuluh dan Petani Harumkan Tomohon di Kancah Nasional

Kepala BP3K Tomohon Barat menerima penghargaan
Kepala BP3K Tomohon Barat menerima penghargaan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Kota Tomohon kembali mendapat penghargaan di tingkat nasional. Kali ini di bidang pertanian, di mana Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Tomohon Barat berhasil menjadi Balai Penyuluh Teladan tingkat nasional tahun 2016.

Selain itu, Fanny Wenur, salah seorang petani asal Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan menjadi juara ketiga petani berprestasi tingkat Provinsi Sulut.

Penghargaan kepada Balai Penyuluh diserahkan langsung Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr Ir Andy Amran Sulaiman MP sesuai keputusan nomor 561/KPTS/KP.590/8/2016 tentang Penyuluh Pertanian Teladan, Petani Berprestasi, Gabungan Kelompok Tani Berprestasi dan Balai Penyuluhan Berprestasi tingkat Nasional 2016.

Prestasi ini mengiringi sukses yang telah ditorehkan Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan. Raihan prestasi dan penghargaan ini tentu mendorong dan meningkatkan motivasi kerja dari seluruh kelompok penyuluh pertanian serta para petani untuk terus berkreasi dan berkarya bagi Kota Tomohon dan sekitarnya.

Didukung 79 tenaga penyuluh dengan spesifikasi teknis yakni 67 orang penyuluh pertanian, 5 orang penyuluh perikanan dan 7 orang penyuluh kehutanan, BP4K mampu meraih prestasi di tahun 2016 ini yakni peningkatan provitas padi sebesar 11,84 persen, meraih juara III petani berprestasi dan untuk kategori kelembagan penyuluhan meraih predikat terbaik untuk kategori Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan.

Preastasi ini masuk dalam enam terbaik tingkat nasional dan mendapatkan penghargan dari Menteri Pertanian yang baru-baru ini diterima di Jakarta setelah selesai perayaan Proklamasi HUT RI ke 71 tanggal 17 Agustus 2016.

‘’BP4K juga menjuarai lomba cipta menu berbahan lokal dalam rangkaian TIFF 2016,’’ tukas Kepala BP4K Tomohon Ir Jantje Ering. (ark)