Pemkab Mitra-Kejari Amurang Sosialisasi TP4D

RATAHAN, (manadotoday.co.id)- Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Amurang menggelar sosialisasi Tim Pengalaman Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), yang diikuti oleh kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa, yang dilaksanakan di Kantor Bupati, Rabu (31/8/2016).

Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setda Minahasa Tenggara Royke Lumingas SH dalam laporannya mengatakan, sosialisasi tersebut untuk mewujudkan pelaksanaan pemerintahan yang baik.

“Kegiatan ini dilakukan agar dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan kemasyarakatan bisa dijalankan dengan bersih, akuntabel serta bebas praktek kolusi korupsi dan nepotisme,” jelas Lumingkewas.

Bupati James Sumendap yang diwakili Asisten III Drs Piether Owu mengungkapkan, keberadaan TP4D tersebut sangat penting dan membantu Pemkab dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Peran TP4D ini sangat vital dalam proses penyelenggaraan pemerintah, baik dari tongkat kabupaten sampai ke tingkat desa,” katanya.

Dia mengharapkan, dengan adanya sosialisasi dari kejaksaan tersebut, para penyelenggara pemerintahan di Minahasa Tenggara dapat memahami pentingnua fungsi dari TP4D.

Sementara mewakili Kajari Amurang, Kepala Seksi Intelejen Novelino SH memberikan apresiasi kepada Pemkab Minahasa Tenggara yang memfasilitasi sosialisasi dari Kejari terkait keberadaan TP4D.

“Karena pihak kejaksaan berperan dalam rangka pengawalan pengamanan dan mendukung tertib pemerintahan serta pembangunan daerah sehingga bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Selain itu menurut Novelino, dengan adanya TP4D, harapan untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik, berdasarkan asas, kaidah, serta norma hukum dapat terwujud. (ten)