Bupati Minahasa: Pilhut Tahap Dua Digelar Februari 2017

Reporter : | 30 Agu, 2016 - 7:59 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow M.Si (JWS), mengatakan, untuk pemilihan hukum tua (Pilhut) tahap kedua akan dilaksanakan secara serentak pada bulan Februari 2017.

“Kami menilai bahwa Pilhut tahap pertama di 80 Desa, telah berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Kami pun sudah mulai merancang Pilhut tahap kedua yang sedianya akan di laksanakan pada tahun 2017 tepatnya pada bulan Februari,” tukas JWS, saat melantik hukum tua Desa Talikuran kecamatan Remboken Selasa (30/8/2016).

Dikatakan dia, ada puluhan Desa yang akan menggelar Pilhut pada tahun depan.

Terkait dengan peraturan bupati (Perbup) yang menjadi dasar pelaksanaan tahapan demi tahapan Pilhut tahap pertama, menurut Bupati akan di dievaluasi dan mungkin akan di lakukan perbaikan oleh karena masih menimbulkan masalah.

“Semua atauran akan di sempurnakan, agar Pilhut tahap kedua tidak menimbulkan persoalan lagi, baik protes dari calon maupun masyarakat,” terang JWS.

Lanjut dia, Pemkab Minahasa terus melakukan berbagai upaya baik penyempurnaan aturan dalam Perda, Perbup semua itu dimaksudkan agar Pilhut bisa berjalan dengan baik, dan mampu menghasilkan hukum tua yang memiliki kualitas dan kemampuan yang sangat bik guna memimpin Desa. Apalagi Dana Desa tahun 2017 akan alami kenaikan yang sangat signifikan, tentu hal ini harus di imbangi dengan kemampuan hukum tua dalam mengolah dan memanej Dana Desa agar tetap sasaran, bisa di pertanggung-jawabkan dengan benar, dan fasilitas yang di bangun benar-benar dibutuhkan untuk pelayanan kepentingan masyarakat.

“Pemkab tentu berharap agar kedepan hukum tua yang terpilih lahir oleh karena keinginan masyarakat yang di landasi dengan regulasi Pilhut yang tepat sehingga hukum tua memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Desa dengan Dana Desa yang makin besar dan Alokasi Dana Desa yang cukup,” pungkas JWS. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment