Jika Pokemon Go Menangkap Monster, Dengan Aplikasi Ini Anda ‘Menangkap’ Orang Mati

Reporter : | 25 Agu, 2016 - 11:13 pm WITA

 Yoshiyuki Katori, Ryoshin Sekizai, jepang, aplikasi Spot Message, augmented reality

(foto: Ryoshin Sekizai)

MANADOTODAY.CO.ID – Sebuah perusahaan batu nisan di Jepang membuat aplikasi berbasis augmented reality yang memungkinkan pelayat “menangkap” pesan video dari orang-orang tercinta yang telah meninggal di kuburan.

Dinamakan “Spot Message”, aplikasi baru yang terinspirasi dari game Pokemon Go merupakan gagasan dari Yoshiyuki Katori, 33, presiden Ryoshin Sekizai, sebuah perusahaan batu nisan yang berbasis di Katori, prefektur Chiba, Jepang. Dia mengatakan aplikasi telah mewujudkan impiannya untuk menjaga kenangan yang realistis dari orang yang sudah meninggal.

“Paman saya, yang mengelola sebuah toko cat, meninggal delapan tahun lalu setelah jatuh gedung di tempat di bekerja,” kata Katori dikutip dari Japan Times.

“Saya berandai-andai, betapa menyenangkannya jika ia bisa berbicara dengan saya di kuburnya, dengan pesan-pesan seperti ‘Bagaimana kabarmu?’. ” tambahnya.

Keinginan untuk mendengar kata-kata pamannya di kuburan, telah menginspirasi pengusaha Jepang menggunakan teknologi augmented reality untuk menanam pesan yang sebelumnya sudah direkam di kuburan dan tempat-tempat lain yang mereka sukai untuk teman-teman hidup mereka atau keluarga yang dapat ditemukan menggunakan smartphone.

Aplikasi Spot Message, ditujukan untuk orang-orang yang ingin meninggalkan video dan foto agar dapat ditemukan setelah mereka meninggal. Aplikasi akan menampilkan gambar virtual dengan pemandangan kehidupan nyata, seperti Pokemon Go.

Namun, Katori menambahkan bahwa layanannya juga dapat digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, seorang suami bisa menanam pesan di tempat yang dia inginkan, kemudian dicari oleh istrinya saat ulang tahun pernikahan mereka, atau untuk pendaki gunung yang ingin memberikan ucapan selamat untuk sesama pendaki.

Untuk versi gratis, pengguna Spot Message dapat mengirim hingga 10 pesan hanya dengan mendaftar. Jika berbayar, pengguna dapat mengirim hingga 30 pesan yang dapat dibagi sampai kepada 200 orang.

Aplikasi saat ini baru tersedia di Android, versi iPhone akan tersedia pada bulan September.

Baca Juga :

Leave a comment