JWS Ikuti SEMNAS Sistem Pemerintahan Desa Adat di MPR RI

Reporter : | 25 Agu, 2016 - 6:17 pm WITA

JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mengikuti Seminar Nasional Pemberdayaan Sistem Pemerintahan Desa Adat dalam Penataan Sistem Ketatanegaraan yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian MPR RI dan Dewan Pimpinan Nasional Kerukunan Masyarakat Hukum Adat Nusantara (DPN KERMAHUDATARA), di Gedung Nusantara V MPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Kegiatan yang mengambil tema “Untuk Kelangsungan Hidup Bangsa dan Negara yang Berbhinneka Tinggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa” ini, dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI Dr Zulkifli Hasan SE MM yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua MPR RI Letjen TNI (Purn) EE Mangindaan SIP, segenap Anggota DPR/MPR RI, Ketua Umum DPN Kermahudatara Dr HP Panggabean SH MS, para tokoh nasional, tokoh agama dan tokoh adat dari perwakilan berbagai suku se-Indonesia, yang diawali dengan Laporan Ketua Panitia Brigjen TNI (Purn) JM Lumban Tobing MSc.

Bupati JWS hadir dalam Seminar tersebut didampingi Asisten I Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi dan Kasubag Kesra Dedit Telaumbanua SPt.

Seminar yang berlangsung sehari penuh ini juga menampilkan para Nara Sumber, diantaranya Prof Dr Wayan Wandia SH MSi, Dr HP Panggabean SH MS dan Brigjen TNI (Purn) JML Tobing MSc, yang ditutup dengan pembahasan kesimpulan dan saran oleh Badan Pengkajian MPR RI serta Tim Perumus Panitia.

JWS mengapresiasi penyelenggaraan seminar nasional ini dapat membahas semua aspirasi dan gagasan dari semua komponen adat dan suku ini serta menghasilkan suatu konsep strategik dalam memberdayakan sistem pemerintahan Desa Adat dan penataan sistem ketatanegaraan Indonesia. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment