Kainde: Stop Buang Sampah di Kawasan Pekuburan Tondano

Reporter : | 25 Agu, 2016 - 4:11 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Camat Tondano Barat, Maya M Kainde SH, meminta supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di kawasan pekuburan Tondano. Dia mengatakan┬ásetiap hari dirinya selalu menerima keluhan dari masyarakat oleh karena sampah yang berserahkan di lahan tersebut.

“Setiap hari kami angkat sampah-sampah tersebut, selain itu di tempat-tempat tersebut di beri himbauan berupa tulisan yang mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah terutama di pekuburan, terminal, pertokoan,” tutur Kainde.

Dirinya juga mengaitkan dengan program Tonbabersih atau marijo torang ba bersih dengan tujuan untuk Mengiatkan kesadaran masyarakat untuk pentingnya kebersihan. Selain itu mengingat lahan pekuburan saat ini sudah padat dimana sudah ada lapisan yang kelima bahkan keenam, sehingga sudah tak memungkinkan lagi untuk menampung. Maka pemerintah kecamatan sudah memiliki lahan pekuburan baru seluas 2 hektar lewat panitia pengadaan yang dipimpin oleh Wagub Sulut Drs Steven Kandouw.

Lahan pekuburan ini akan dijadikan aset wisata di mana semua kuburan bentuknya sama dengan memasang salib, dan akan ada penjaga makam yang berlokasi di pertengahan Tondano Barat yang di Rerewokan dan memiliki tiga akses jalan masuk dan keluar.

Kainde menambahkan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pak Wagub yang telah membantu dan menginisiasi pengadaan lahan pekuburan baru Tondano Barat.

Demikian juga kepada Bupati Minahasa yang terus memberikan arahan dan motivasi atas pengadaan lahan pekuburan.

“Semua ini terlaksana oleh karena bantuan dan dorongan dari Pak Wagub dan Pak Bupati Minahasa dimana lahan tersebut sudah secara defakto dan dejure sudah di kantongi pihak kecamatan,” tuturnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment