Pesawat Terbesar di Dunia Jatuh Saat Uji Coba Terbang

Reporter : | 24 Agu, 2016 - 10:27 pm WITA

Pesawat Terbesar, Airlander 10,

Airlander 10 jatuh saat uji coba terbang kedua (foto: South Beds News Agency)

MANADOTODAY.CO.ID – Pesawat terbesar di dunia seharga sekira Rp 440 miliar, jatuh saat uji penerbangan kedua di Inggris.

Airlander 10, pesawat sepanjang 302 kaki, rusak saat melakukan uji terbang di Cardington Airfield, Bedfordshire, Inggris pada Rabu (24/08) pagi.

Foto menunjukkan bagian hidung pesawat mencium tanah.

Hybrid Air Vehicles, yang mengembangkan Airlander 10, mengeluarkan pernyataan di Facebook yang menyatakan: “Semua awak aman dan dalam keadaan baik dan tidak ada luka.”

Pertama kali dikembangkan untuk pemerintah AS sebagai pesawat pengintai, perusahaan Inggris kemudian meluncurkan kampanye untuk menghidupkan kembali pesawat yang disebut-sebut sebagai ‘raja langit’.

Lebih 50 kaki dari jet penumpang terbesar saat ini dan menggunakan helium, pesawat dapat melaju hingga kecepatan 92mph.

Airlander 10 berhasil menyelesaikan uji terbang pertama tanpa insiden pada 17 Agustus dengan satu kali memutari  lapangan udara sebelum mendarat sekira setengah jam kemudian.

Pesawat dengan lebar 143 kaki dan tinggi 85 kaki itu, diatur melakukan penerbangan perdana selama 200 jam. Pesawat dapat terbang selama lima hari dengan awak.

HAV mengklaim pesawat juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi seperti pengawasan, komunikasi, penyaluran bantuan dan wisata.

Baca Juga :

Leave a comment