Wagub Kandouw Kukuhkan Paskibraka Sulut Tahun 2016

tmp_4511-received_10202041764563262-919641310SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw, mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulut Tahun 2016, yang digelar di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Senin (15/8/2016).

Dalam pengantar pengukuhan, Kandouw mengatakan, diakhir pelatihan adik-adik harus lebih mengenal jati diri sebagai generasi penerus bangsa dan dituntut harus bersikap dan berprilaku sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjutnya, pengukuhan ini bermakna, bahwa Paskibraka berjiwa kesatria, satunya perkataan dan perbuatan, bertanggungjawab, rela berkorban untuk ibu pertiwi, sembari mengajak anggota Paskibraka untuk mengikuti kata-kata ikrar yang akan di ucapkannya dengan suara keras dan tegas.

“Berdasarkan pengakuan ini dan demi kehormatan sebagai kader bangsa para anggota Paskibraka berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari,” ujar Kandouw.

Sementara Kadis Diknas Sulut Asiano G Kawatu SE MSi, dalam laporannya, mengatakan, dari 15 Kabupaten/Kota di Sulut 14 mengirimkan utusan, sedangkan Kabupaten Boltim tidak mengirimkan utusannya.

“Sejak pelaksanaan seleksi calon Paskibraka pada Bulan Mei sampai pada pelaksanaan pemantapan calon paskibraka Sulut, Boltim tidak mengirimkan peserta, sehingga diganti oleh peserta utusan dari Kabupaten/Kota terdekat yaitu Minut dan Manado”, katanya.

Kawatu menambahkan, anggota paskibraka berjumlah 30 orang dengan rinciannya Minut 2 putra 1 putri, Manado 1 putra 2 putri, sementara Talaud, Sangihe, Sitaro, Minahasa, Minsel, Mitra, Bolmong, Bolmut, Bolsel, Bitung Kotamobagu dan Tomohon mengirimkan masing-masing 1 putra dan 1 putri.

Kawatu juga menyebutkan, anggota Paskibraka ini akan bertugas pada upacara penaikan dan penurunan bendera peringatan ke-71 hari Proklamasi Kemerdekaan RI pada Tanggal 17 Agustus 2016 nanti, dihalaman kantor gubernur Sulut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, jajaran Forkompimda Sulut, Sekprov Ir Siswa R Mokodongan, para pejabat Eselon II lingkup Pemprov, Pembina/Pelatih serta orang tua Paskibraka. (ton)