Kumendong Pimpin Upacara Pemeriksaan Bendera dan Teks Proklamasi HUT RI ke-71 Provinsi Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jemmy Kumendong, memimpin upacara pemeriksaan bendera dan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang akan digunakan pada peringatan detik-detik HUT RI ke-71 tingkat Provinsi Sulut, 17 Agustus 2016 nanti.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor gubernur Sulut ini, dilalui dengan penghormatan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara dilanjutkan dengan laporan, selanjutnya Kumendong membuka sang merah putih yang tersimpan dalam kotak serta menyerahkan kepada salah seorang anggota Paskibraka Sulut untuk dilakukan Pemeriksaan.

“Pemeriksaan ini merupakan satu rangkaian kegiatan sebelum dikibarkannya bendera merah putih maupun pembacaan teks Proklamasi dalam pelaksanaan upacara puncak nanti. Ini sudah merupakan protap tiap tahun, dimana bendera merah putih wajib diperiksa terlebih dahulu sebelum pengibaran, sehingga kita bisa mengetahui apakah dalam kondisi baik atau tidak hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan bersama,” ujar Kumendong, selaku Sekretaris Umum Panitia.

Pada kesepamtan itu, Kumendong menyampaikan jadwal rangkaian kegiatan peringatan ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI yang dimulai Senin 25 Agustus pengukuhan Paskibraka Sulut oleh Gubernur di ruang Mapalus Kantor Gubernur, Selasa 26 Agustus mulai Pukul 10:00 Wita mendengar Pidato kenegaraan Presiden serta Pidato Presiden RI penyampaian pengantar RUU APBN 2017 di DPRD Sulut, Pukul 18:00 Wita pelepasan pawai Taptu dari halaman Mapolda Sulut, Pukul 24:00 Wita Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi Manado.

Rabu 17 Agustus Pukul 07:00 Wita Upacara pemberian remisi di Lapas Kelas IIA Tuminting, Pukul 10:00 Wita Upacara puncak penaikan bendera merah putih peringatan ke-71 Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, dilanjutkan dengan ramah tamah bersama veteran pada Pukul 12:00 Wita di lobby Kantor Gubernur Sulut, upacara penurunan bendera dilaksanakan pada Pulul 17:00 Wita serta Resepsi Kenegaraan di Graha Bumi Beringin Manado Pukul 19:00 Wita. (ton)