Bupati JWS Hadiri Seminar Pengawasan Dana Desa

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menghadiri Seminar Pengelolaan dan Pengawasan Dana Desa pada Jumat (12/8) di Hotel Sutan Raja, Kolongan, Minut.

Kegiatan yang dibuka pelaksanaannya oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dihadiri pula oleh Anggota VI BPK RI Prof Dr Bahrullah Akbar MBA, Anggota DPR RI Djendry Keintjem SH sekaligus sebagai Nara Sumber kegiatan ini, Bupati Minut Vonnie A Panambunan, Bupati Minsel Christiany E Paruntu, Wabup Minut Ir Joppy Lengkong, Wabup Minsel Frangky Wongkar SH, para Ketua DPRD Kabupaten dan Kota dan diikuti oleh Kaban BPMPD, para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Pengelola Keuangan Desa se-Sulut.

Sementara Bupati JWS didampingi oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Kaban BPMPD Djefry Sumendap Sajow SH dan Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi serta para Hukum Tua, Sekdes dan Bendahara Desa se-Minahasa.

Dalam materinya, Anggota BPK RI Prof Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi Desa yang ditransfer melalui APBD Kabupaten dan Kota yang digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dikatakan Prof Bahrullah untuk memberdayakan perekonomian rakyat perlu mengembangkan kelembagaan mandiri, menyediakan pelayanan keuangan mikro dan mengembangkan usaha produksi dan jasa.

Akhir kegiatan, dilakukan diskusi dan tanya jawab antara Nara Sumber dan peserta Seminar. (Rom)