Tahu Atlet Termuda yang Pernah Berlaga di Olimpiade??

Reporter : | 11 Agu, 2016 - 9:05 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Siapa atlet termuda yang pernah berlaga di Olimpiade?? mungkin seorang bocah berusia 8 tahun yang direkrut dari bangku penonton untuk menjadi pengemudi dalam lomba dayung bagi negara Belanda saat Olimpiade tahun 1900 di Paris – tapi tidak ada yakin dengan hal tersebut.

Pada tahun 1960, seorang sejarawan Belanda menemukan foto yang menunjukan ada anak kecil diantara dua pendayung Belanda, Francois Brandt dan Roelof Klein. Tidak ada foto lain yang ditemukan, tidak ada berita resmi dari penyelenggara, dan para pendayung tidak pernah menyebutkan namanya.

Misteri terus berlanjut sampai akhirnya seorang sejarawan Georgia dan wartawan mengirim artikel 26 halaman untuk International Society of Olympic Historians, mengklaim bahwa bocah itu berasal dari Georgia, bernama Giorgi Nikoladze.

Sejarawan telah berbicara dengan saudara Nikoladze, yang mengatakan bahwa saudaranya pernah memenangi “perlombaan perahu di Perancis.”. Tapi Society of Olympic Historians kurang yakin, mencatat bahwa sebagian besar bukti dari sejarawan merupakan bukti tidak langsung.

“Ini adalah sebuah misteri dan tetap menjadi misteri,” kata sejarawan yang pertama kali menemukan foto tahun 1900.

Namun, ada yang tidak menjadi misteri: Atlet Olimpiade termuda yang pernah tercatat merupakan atlet Yunani berusia 10 tahun yang berlaga pada cabang olahrga palang sejajar pada tahun 1896.

Baca Juga :

Leave a comment