Pria India Berhasil Buat Alat yang Bisa Rubah Limbah Jadi Air Layak Minum

Reporter : | 11 Agu, 2016 - 5:00 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang pria asal Bengaluru, India, berhasil membuat sebuah alat yang mampu mengubah air limbah menjadi air layak minum.

Alat yang dibuat oleh Dr Rajah Vijay Kumar, telah memulihkan 10.000 liter air limbah setiap hari dan juga digunakan untuk minum.

Disebut Boom Tube Resonator, selain memulihkan air limbah, alat juga menghasilkan produk sampingan berupa pupuk bernilai tinggi. Alat ini tidak menggunakan bahan kimia atau mikro-organisme.

Tim Kumar telah menerima permintaan dari Doha dan Oman juga dari Malaysia. “Singapura tertarik dalam proyek skala besar,” katanya kepada Times of India.

Menghadapi salah satu krisis air minum terburuk, India mungkin perlu mempertimbangkan alat ini untuk masa depan yang lebih baik. Air dalam tanah menipis dan air di permukaan tidak layak minum.

India mengkonsumsi 693 miliar meter kubik air per tahun dan diprediksi meningkat menjadi 942 miliar meter kubik pada tahun 2025 dan 1,422 miliar meter kubik pada tahun 2050. Air jarang dipertimbangkan untuk digunakan kembali; pemisahan limbah menjadi air bersih juga jarang dilakukan. India membuang 38.400 juta meter kubik limbah per tahun, cukup untuk India jika dipulihkan.

“Kami memiliki kelebihan air saat ini,” kata Kumar sambil meneguk air yang dipulihkan. “Ini memenuhi standar air minum (ISI 505),” tambahnya.

Air berubah menjadi limbah saat dicampur dengan kotoran, urine, sabun atau deterjen. Beberapa diantaranya larut, sisanya tidak. Partikel yang sangat halus dalam limbah tetap bergerak karena muatan elektrostatik (sering negatif), yang menyebabkan mereka saling tolak. Setelah muatan dinetralkan, partikel akan bertabrakan dan bergabung. Gelombang intensitas tinggi: Boom Tube Resonator, menerapkan prinsip ini. Menggunakan gelombang pendek berintensitas tinggi untuk menetralkan partikel halus yang ada dalam limbah.

Baca Juga :

Leave a comment