Wanita 68 Tahun Masih Kuat Meski Miliki Ginjal Berusia 100 Tahun

Reporter : | 10 Agu, 2016 - 3:26 pm WITA

ginjal tertua , transplantasi ginjal, Sue Westhead

Sue Westhead (foto: BBC Newcastle/PA Wire)

MANADOTODAY.CO.ID – Seorang wanita masih tetap kuat meski hidup dengan ginjal berusia 100 tahun yang didonorkan oleh ibunya pada 1970-an, diperkirakan merupakan ginjal tertua yang berhasil ditransplantasikan di dunia.

Sue Westhead menerima donor pada tahun 1973 ketika ibunya Ann Metcalfe berusia 57 tahun. Setelah 43 tahun, ginjal milik ibunya masih kuat.

Dokter biasanya memperkirakan pasien yang menerima transplantasi hanya akan bertahan hidup paling lama 20 tahun.

Westhead, yang berasal dari Houghton-le-Spring, Tyne and Wear, menceritakan pada BBC Newcastle, dia awalnya didiagnosis dengan penyakit ginjal.

Meskipun operasi sudah 43 tahun yang lalu, dan dia sekarang sudah berusia 68 tahun, Westhead masih takut jika mengingat operasi yang berhasil menyelamatkan nyawanya.

“Itu adalah waktu yang cukup menakutkan. Saya ingat, pernah berpikir dapat tambahan waktu lima tahun hidup saja, saya sudah sangat senang,” katanya kepada BBC Newcastle sambil menambahkan, “Sudah 43 tahun yang lalu dan ginjal saya akan berusia 101 tahun pada bulan November.”

“Ibu saya secara harfiah telah memberi saya kehidupan, karena saya tidak akan bertahan hidup lebih lama. Saya hampir tidak bisa berjalan, warna (kulit) berbeda – saya kuning dan tiba-tiba menjadi kemerahan.” ungkapnya.

Dia menambahkan, ibunya harusnya sudah menginjak usia 101 tahun ini.

Baca Juga :

Leave a comment