Jangan Anggap Remeh, Penelitian Buktikan Orang Malas Mungkin Miliki IQ Tinggi

Reporter : | 09 Agu, 2016 - 11:41 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Orang-orang dengan IQ tinggi jarang bosan, menghabiskan lebih banyak waktu melamun, menurut para ilmuwan di Florida Gulf Coast University.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang cerdas lebih rentan terhadap kebosanan, dan menggunakan aktivitas fisik sebagai cara menghilangkan kebosanan.

Menggunakan tes psikologi “kebutuhan kognisi”, peneliti mengidentifikasi 30 siswa yang menyatakan keinginan yang kuat untuk berpikir banyak, dan 30 lainnya ingin lebih bersantai.

Tes, yang diambil secara online, melibatkan penilaian seberapa kuat peserta setuju dengan pernyataan seperti: “Saya benar-benar menikmati tugas yang melibatkan pencarian solusi baru untuk memecahkan masalah”.

Semua peserta – ’30 pemikir dan’ 30 tidak pemikir ‘- kemudian mengenakan tracker di pergelangan tangan selama tujuh hari untuk mengukur seberapa aktif mereka secara fisik setiap hari.

Para pemikir ditemukan secara signifikan kurang aktif dari Senin sampai Jumat daripada yang tidak pemikir.

Tidak ada perbedaan antara kedua kelompok saat akhir pekan, sesuatu yang tidak dapat dijelaskan para peneliti.

Sementara orang yang kurang aktif mungkin lebih cerdas, para peneliti menekankan bahwa aktivitas fisik penting untuk menghindari efek negatifnya bagi kesehatan.

Karena sampel dari 60 siswa sangat terbatas, studi lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar, ditambah dari kelompok non-siswa serta dari berbagai budaya, diperlukan untuk menguatkan temuan.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology.

Baca Juga :

Leave a comment