Tekan Angka Kematian, Pemkab Mitra Gandeng Philips, Perusahaan dari Belanda

Reporter : | 09 Agu, 2016 - 10:17 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Ronald Kandoli terus berupaya meningkatkan kesehatan warganya. Untuk itu, Pemkab Mitra menggandeng salah satu perusahaan produsen elektronik terbesar di dunia, Koninklijke Philips Electronics NV (Royal Dutch Philips Electronics Ltd) atau biasa dikenal Philips.

Menekan angka kematian ibu di Minahasa Tenggara menjadi salah satu jalinan kerja sama antara pihak Pemkab Mitra dan perusahaan yang memiliki produk medical system, kesehatan tersebut.

Beberapa personil dari lembaga riset Philips yang bermarkas di Eindhoven Belanda, akan memulai risetnya di Puskesmas Belang dan Ratahan. Penelitian yang akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang.

“Mereka akan melakukan riset di dua Puskesmas di Mitra. Tahun depan akan mencakup semua Puskesmas yang ada di Mitra,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan dr Rinny Tamuntuan melalui Sekretaris dr Wilhelmina Pasuhuk, (9/82016).

Menurutnya, sistem aplikasi medis akan digunakan pada Puskesmas-Puskesmas ini, baik terkait informasi maupun teknik penanganannya.

“Artinya ada penanganan awal ketika diperhadapkan dengan pasien, terlebih ketika akan dilakukan rujukan. Serta ada sejumlah hal teknis lainnya yang akan ditemui di sana,” ujar Pasuhuk.

Sekda Mitra Ir Farry Liwe mengungkapkan, kerja sama ini termasuk untuk mewujudkan Mitra Cerdas, di mana nantinya penanganan terhadap penyakit oleh pihak medis dapat dilakukan lebih dini. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment