Peneliti Buat ‘Pakaian Pintar’ yang Bisa Jual Diri Sendiri Jika Tidak Lagi Digunakan

Reporter : | 08 Agu, 2016 - 1:04 pm WITA

Pakaian Pintar, Mark Brill,radio-frequency identification

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Para peneliti sedang mengembangkan sebuah teknologi baru untuk ‘pakaian pintar’ yang dengan sendirinya akan menghubungi toko amal atau situs lelang seperti eBay jika mereka tidak lagi dikenakan.

Baju yang hanya terus disimpan di lemari, akan mengirimkan pesan teks ke pemiliknya untuk mengingatkan bahwa mereka sudah tidak pernah dikenakan, kata para peneliti.

Jika diabaikan untuk waktu yang lama, pakaian secara otomatis akan menghubungi toko amal atau menawarkan diri untuk dilelang di eBay.

“Pikirkan ketika pemilik tekejut saat menerima tawaran dari pakaian yang mereka bahkan tidak tahu berada di lemari pakaian mereka,” kata Mark Brill, dosen di universitas Birmingham City di Inggris dikutip dari The Telegraph.

“Lemari pakaian juga terhubung, melibatkan konsep mendorong orang-orang untuk berpikir tentang konsumsi pakaian mereka. Pada akhirnya, saya berharap itu akan mendorong konsumsi dengan cara yang lebih etis,” ungkap Brill.

Para peneliti berencana untuk membuat ‘Pakaian Internet’, yang menandai pakaian menggunakan teknologi tahan air, yang dikenal sebagai radio-frequency identification (RFID).

Pengguna akan menerima tweet dan pesan setiap hari dari pakaian yang meminta untuk digunakan, tergantung pada cuaca dan frekuensi pakai.

Jika pemberitahuan diabaikan oleh pengguna, pakaian akan menghubungi toko amal pakaian agar bisa dipakai ulang atau toko online.

‘Pakaian pintar’ akan melacak penggunaan agar orang lain tahu siapa pemilik sebelumnya serta berapa harga awalnya, agar pembeli dapat menawar dengan harga yang sesuai.

Baca Juga :

Leave a comment