Sulut Tuan Rumah 4th AMMDM dan 29th ACDM

Pertemuan panitia pusat dan Pemprov Sulut, membicarakan persiapan kegiatan AMMDM dan ACDM Bulan Oktober 2016 mendatang
Pertemuan panitia pusat dan Pemprov Sulut, membicarakan persiapan kegiatan AMMDM dan ACDM Bulan Oktober 2016 mendatang

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemerintah pusat kembali mempercayakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi tuan rumah penyelenggaraan even internasional. Kali ini, Sulut ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan 4th Asean Ministerial Meeting On Disaster Management (AMMDM) dan 29th ASEAN Committee On Disaster Management (ACDM), yang digelar pada Bulan Oktober Tahun 2016 nanti.

Kapusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kol Dr Bagus, selaku panitia pusat ketika melakukan pertemuan dengan jajaran Pemprov Sulut di ruang Ex WOC Kantor Gubernur Jumat (05/08) mengatakan, kegiatan nanti akan dihadiri 11 Menteri Asosiation of South East Asian Nation (ASEAN).

Dijelaskan dia, ada dua kegiatan yang akan berlangsung di Kota Manado. Pertama, penyelenggaraan peringatan bulan pengurangan risiko bencana dari 11-14 Okotber 2016.

Kegiatan ini nantinya akan dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dengan menghadirkan peserta kurang lebih 6 ribu orang dari seluruh Provinsi di tanah air.

Kegiatan kedua menurut Bagus, yakni AMMDM dan ACDM nantinya akan dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo di salah satu hotel berbintang di Manado pada 13 Oktober 2016.

Kegiatan itu akan diikuti seratus lebih delegasi sudah termasuk para Menteri dari 11 negara ASEAN. Sementara Karo Hukum dan Kerjasama BNPB, Dicky Fabrian menyebutkan, kegiatan pengurangan resiko bencana ini, sudah beberapa kali di laksanakan di berbagai daerah di Indonesia.

“Kali ini Manado jadi tuan rumah iven nasional dan internasional ini,” ungkapnya. Dikatakan Dicky, hal ini tidak lepas dari perjuangan Kepala BNPB Jenderal Willem Rampangiley yang merupakan putra Sulut.

Di hadapan pertemuan para Menteri ASEAN di Hanoi, Rampangiley mengungkapkan untuk kegiatan Tahun 2016 nanti. Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulut, Jhon Palandung mengatakan, sesuai arahan dari Wakil Gunernur Sulut Drs Steven Kandouw, yang juga selaku Ketua Panitia Daerah, kiranya dapat mempersiapkan dengan baik, dua kegiatan tersebut.

Apalagi Presiden Jokowi akan datang di Manado untuk membuka penyelenggaraan AMMDM dan ACDM.

“Selama berlangsungnya dua iven ini panitia pusat telah mengagendakan kegiatan pameran produk unggulan daerah yang diikuti seluruh Provinsi dan khusus untuk Sulut akan melibakan 15 Kabupaten dan kota.

Pameran ini sekaligus, mendukung promosi wisata Sulut yang sementara dilakukan Pemprov Sulut. Pameran tersebut nantinya akan berlangsung di Kompleks Megamas Manado,” ujar Palandung.

Kepala BPBD Sulut, Noldy Liow, menambahkan, selain pameran, panitia juga akan melakukan bersih-bersih pantai, penanam terumbu karang di pantai bunaken, pemberian award pengharggaan kepada komunitas masyarakat peduli bencana serta gelar relawan dan risiko mandiri. (ton)