Bupati Minahasa Ikuti Rakornas TPID

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), yang digelar di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Kegiatan yang bertemakan “Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Stabilitas Harga melalui Percepatan Infrastruktur dan Pembenahan Tata Niaga di Daerah” ini dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang diawali dengan Laporan Gubernur Bank Indonesia Agus Matrowardojo dan dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan empat kunci yang harus dilakukan dalam pengendalian inflasi, pertama, penyediaan anggaran pengendalian harga oleh seluruh Pemda agar dapat melakukan intervensi apabila diperlukan, kedua, agar unsur-unsur di daerah, seperti Pemda, Kepolisian, Kejaksaan dan BI di daerah, secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan, dan ketiga memastikan transportasi di daerah maupun antar daerah selalu lancar. Keempat, menjaga distribusi barang.

“Pemerintah, BI dan lembaga lain, khususnya di tingkat daerah, diharapkan untuk melaksanakan tugas secara mendetil di setiap sektor agar inflasi dapat terjaga. Hal ini sangat penting agar Indonesia dapat bertahan di tengah masalah ekonomi dan geopolitik global yang cukup berat,” ujar Presiden.

Presiden mengharapkan lagi, untuk menjaga keseimbangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi dan mendorong Pemda untuk mengeluarkan anggaran APBD se-awal mungkin setiap tahunnya. Agenda selanjutnya Bupati JWS disamping menghadiri Rakornas TPID ini, menurut Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSI akan menghadiri Sosialisasi PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah bersama Ketua DPRD Minahasa dan Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi, yang pelaksanannya akan dibuka Mendagri Tjahyo Kumolo pada Jumat (5/8) besok di Hotel Mercure Ancol Jakarta. (rom)