Duta Wisata Sulut Gelar Bersih Pantai Bunaken

Duta wisata Sulut, Yerry Tawaluyan,  pantai Bunaken,
Bersih pantai Bunaken yang dilaksanakan duta wisata Sulut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Duta wisata Sulut dibawa pimpinan Ketua Umumnya Yerry Tawaluyan dan Sekretaris Soraya Togas, menggelar bersih pantai Bunaken, Rabu (3/8/2016).

Kegiatan dalam rangka mendukung salah satu program unggulan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Stven Kandouw (OD-SK) di sektor kepariwisataan ini, melibatkan komunitas masyarakat sadar wisata lainnya di daerah ini.

Pada kesempatan itu, Tawaluyan menyerahkan 10 buah sapu serta alat pengangkut sampah kepada petugas pengelola balai taman nasional bunaken (BTNB) Kementerian LH dan Kehutanan, Ronny Daniali.

“Bunaken sebagai icon pariwisata Sulut bahkan Indoneaia sangat dikenal dengan diving (selam). Karena ketika wisatawan ingin diving di Indonesia otomatis pikiran pertama adalah bunaken. Jadi, duta wisata sulut, mengajak seluruh unsur masyarakat untuk berkontribusi minimal memprosikan bunaken bersih,” ujar Tawaluyan.

Lanjut Ketua Gerakan Nasional Sadar Wisata (Gernasta) ini, mengajak seluruh masyarakat utamanya pemerintah daerah jangan berpikir sektoral bahwa bunaken itu punya Manado. Namun, berpikirlah bahwa bunakan merupakan milik Sulut.

“Mari kita membuat terobosan-terobosan menopang program ODSK ini, karena saat ini Pemprov sedang giat-giatnya mempromosikan wisata Sulut termasuk bunaken. Perusahaan-perusahaan di Sulut, berbuat sesuatu untuk bunaken, sebab yang paling dibutuhkan di sana yaitu toilet dan menata kembali para penjual makanan dan souvenir,” tukas Tawaluyan.

Ia menambahkan, duta wisata Sulut sudah memberi contoh sebagai komunitas masyarakat yang mengambil inisiatif tanpa harus menungguh bantuan dari pemerintah atau kembaga lainnya.

“Kami berharap kedepan akan semakin banyak lembaga-lembaga kemasyarakatan yang ikut berperan mengembangkan dan memajukan destinasi wisata di Sulut,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris duta wisata Sulut, Soraya Togas, menambahkan, sebagai putra-putri daerah terpanggil untuk mempertahankan keindahan taman nasional bunaken agar tetap bersih.

“Tugas kita saat ini bagaimana bisa menceritakan kepada orang lain bahwa bunaken memang bersih, tandas penyanyi musik kolintang ini,” tandasnya.

Koordinator duta wisata Sulut, Recky Kambey, menyebutkan, kedepan pihaknya memperhatikan masalah kebersihan, akan juga mengadakan penanaman kembali terumbu karang dan bakau yang telah rusak di beberapa destinasi utamanya bunaken. (ton