SMANKOR Kawangkoam Didik 38 Siswa Berbakat

Reporter : | 28 Jul, 2016 - 3:16 pm WITA

KAWANGKOAN, (manadotoday.co.id) – Sekolah Menengah Atas Negeri Keberbakatan Olah Raga (SMANKOR) Kawangkoan di tahun pertama ini mendidik 38 siswa yang datang dari berbagai daerah di Sulut. Siswa yang diterima terlebih dahulu diseleksi melalui tes dari semua cabang olahraga yang terdiri dari lima cabang olah raga yakni bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, karate dan atletik.

“Siswa yang masuk ke sekolah ini harus memenuhi persyaratan sertifikasi setiap cabang. Juara 1,2 dan 3 baik tingkat kabupaten dan provinsi. Bisa juga hingga juara 4,” ujar Wakil Kepsek Max A Tumiwa MPd, Kamis (28/7/2016). Tahun depan lanjutnya, dibuka 10 cabang dengan kuota siswa 100.

SMANKOR ini sama dengan SMA Ragunan Jakarta, baik dari segi fasilitas seperti sport hall, sarana lapangan atletik bertaraf internasional yakni Lapangan olahraga Dr S H Sarundajang. ‘

‘Siswa diasramakan, tidak dipungut biaya atau gratis dan ditanggung oleh pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga,” katanya.

Sementara sistem pendidikan mirip SMA umumnya yakni dengan kurikulum pendidikan IPA, IPS, namun pada waktu belajar berakhir, sorenya latihan olahraga sesuai cabang olahraga. Sekolah ini memiliki cakupan Indonesia Timur dan sekolah keberbakatan ke- 8 di Indonesia.

Sekolah ini memiliki 20 pengajar dan 4 tata usaha. ‘Untuk pelatih olahraga, mantan-mantan atlit dan pelatih PON,” tukasnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment