Wali Kota Tomohon Terima Kunjungan Delegasi Kota Minami-Boso Jepang

Reporter : | 27 Jul, 2016 - 6:30 pm WITA

Delegasi Kota Minami-Boso mempresentasikan program Stasiun Jalan

Delegasi Kota Minami-Boso mempresentasikan program Stasiun Jalan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Bertempat di Show Window Kelurahan Kakaskasen Dua Tomohon Utara, Rabu (27/7/2016), Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama jajaran menerima kunjungan delegasi Kota Minami-Boso Jepang.

Delegasi Jepang tersebut terdiri dari Fumio Kato selaku Wakil Direktur BUMD PT Ciba-Minami-Boso, Katsuhito I Shii Kepala Sektor Perencanaan dan Keuangan Divisi Urusan Umum Kota Minami-Boso, Taketoshi Watanabe
selaku penanggung jawab proyek dari kantor pusat Japan
International Cooperation Agency (JICA) atau Lembaga Kerja Sama Internasional Jepang, Miss Mihoko Kikuchi selaku Konsultan JICA dengan penerjemah Tsuyoshi Maeyama.

Pada pertemuan tersebut, Eman menginformasikan gambaran Kota Tomohon secara umum, dengan kelebihan Pemerintah Kota Tomohon yakni terbaik dari segi pengelolaan keuangan serta pada tahun 2015 lalu menduduki posisi tertinggi di Sulawesi Utara untuk Indeks Pembangunan Manusia.
Wali Kota Eman juga mempresentasikan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang tahun ini memasuki pelaksanaan keenam kalinya dan tahun 2016 ini Jepang turut serta.

‘’Even ini mirip dengan Tournament of Rosses di Pasadena Amerika Serikat,’’ kata Eman.

TIFF lanjutnya, berdampak pada kemajuan dalam berbagai bidang seperti pariwisata dan pertanian yang pada gilirannya berdampak luas pada peningkatan kesejahteran para petani dan seluruh masyarakat Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mempresentasikan potensi Kota Tomohon

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mempresentasikan potensi Kota Tomohon

‘’Oleh karena itu kami berharap bantuan dari lembaga internasional. Semoga kunjungan akan bermanfaat bagi Pemerintah Kota Tomohon dan Pemerintah Kota Minami-Boso,’’ lanjut Eman.

Delegasi Kota Minami-Boso kemudian mempresentasikan pengembangan Program Stasiun Jalan di Minami-Boso Jepang yang telah berhasil melalui system refitalisasi dengan pemanfaatan sumber daya lokal sehingga menciptakan daerah semakin bersinar dan maju.

Sekilas mengenai Program Stasiun Jalan yang telah berhasil memajukan Kota Minami-Boso memiliki multi fungsi dan memiliki dampak luas yakni berfungsi sebagai tempat istirahat memiliki ragam fasilitas hotel, restoran dan WC, pusat informasi, kemitraan, perdagangan, pencegahan bencana, pariwisata,  tempat pemasaran hasil pertanian, tranportasi dan pertunjukan seni budaya serta tempat penitipan anak.

Program Stasiun Jalan Minami-Boso inilah yang ditawarkan untuk  ilaksanakan di Kota Tomohon dalam pembangunan ke depan.
Selanjutnya dalam sesi dialog, Eman mengatakan Pemkot Tomohon menyiapkan lahan dan infrastruktur serta managemen pengelolaannya ke depan.

‘Eman berharap JICA dapat membantu dari pendanaannya. Pemkot Tomohon juga diundang untuk mengunjungi Kota Minami-Boso Jepang pada 6-16 September 2016 yang akan difasilitasi JICA.

Delegasi Pemerintah Kota Minami-Boso juga akan kembali berkunjung  ke Tomohon pada Bulan Oktober nanti. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment