Minahasa Utara akan Miliki Bendungan Senilai Rp 783 Miliar

Reporter : | 27 Jul, 2016 - 8:17 am WITA

JAKARTA,  (manadotoday.co.id) — Beberapa tahun ke depan, Kabupaten Minahasa Utara akan memiliki Bendungan megah bernilai 783,264 Miliar rupiah. Kontrak paket I pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan itu, dimenangkan Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) – PT Daya Mulia Turangga (DMT).

Informasi yang dihimpun manadotoday.co.id menyebutkan, proyek tahap I dengan lingkup utama pekerjaan terowongan dan bendungan utama ini, rencananya akan dilaksanaakan selama 1.460 hari kalender kerja dengan masa pemeliharaan 365 hari kalender.

Nantinya, bendungan yang bisa menampung 23,37 juta meter kubik ini, akan mereduksi banjir dengan kekuatan 282 meter kubik perdetik untuk Kota Manado dan sekitarnya.

Bukan hanya itu saja, proyek bendungan yang rencananya akan dimulai Bulan September 2016 ini juga akan menjadi penyedia air baku untuk Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung dengan debit sebesar 4,5 meter per kubik serta energi listrik dengan kapasitas sebesar 2 x 0,7 MW.

Seperti diketahui, Kementerian PU-PR sudah menunjuk PT KSO WIKA – DMT sebagai pemenang pekerjaan Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa Utara Paket I ini dengan Surat Penunjukan Penyedia untuk Pelaksanaan Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara Paket I dengan Nomor:KU.03.01/BWSS-I/SNVT-PB/PK.BII/10 tanggal 21 Juli 2016. (tim)

Baca Juga :

Leave a comment