Ini Cara Ampuh Hemat Baterai Smartphone Dari Seorang Insinyur

Reporter : | 26 Jul, 2016 - 12:44 pm WITA

Hemat Baterai Smartphone , Baterai Smartphone , Smartphone

(foto: MailOnline)

MANADOTODAY.CO.ID – Dengan aplikasi yang haus baterai seperti Clash of Clans atau Pokemon Go semakin bermunculan, sekarang banyak pecinta gadget yang berjuang untuk membuat smartphone mereka bisa hidup dengan waktu yang lama.

Namun, menurut seorang insinyur, ada beberapa trik pintar yang bisa Anda lakukan untuk membuat baterai ponsel Anda bertahan lebih lama.

“Ini bukan trik sulap, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan semua orang untuk membuat baterai mereka bertahan lebih lama,” Paul Shearing, seorang insinyur kimia di Universitas College London mengatakan kepada MailOnline.

1. Matikan Aplikasi

Smartphone menghabiskan banyak beterai hanya untuk menjaga beberapa aplikasi tetap aktif.
”Sebagian besar smartphone akan memberitahu Anda aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya, “kata Mr Shearing sembari menambahkan “ide yang baik adalah menutup aplikasi ini saat tidak sedang digunakan.”

2. Matikan layanan lokasi

Layanan lokasi berbasis GPS, bisa memakan kehidupan baterai Anda dalam waktu banyak. Bila tidak sedang gunakan, ada baiknya mematikan layanan ini.

3. Matikan pemberitahuan

Pemberitahuan saat ada email baru dan update jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram juga membuat baterai ponsel Anda mengeluarkan banyak daya. Jika tidak ada yang mendesak, matikan fitur ini.

4. Update software

“Sebagian besar smartphone memiliki perangkat lunak yang dirancang untuk menghemat energi dan memaksimalkan daya tahan baterai”, kata Shearing.

Pengguna harus selalu mengupdate perangkat lunak smartphone mereka ke versi terbaru, apakah itu iOS, Android atau platform mobile lain.

5. Matikan bluetooth

Koneksi Bluetooth digunakan untuk menghubungkan gadget kita ke gadget lain termasuk speaker atau smartwatches secara nirkabel. Karena dapat menguras baterai, lebih baik matikan fitur ini jika sedang tidak digunakan.

6. Turunkan kecerahan layar

Aktifkan pengaturan kecerahan otomatis untuk menghemat baterai. Untuk lebih berhemat baterai, layar bisa secara manual diredupkan ke tingkat paling rendah, terutama ketika di dalam gedung yang terang benderang.

7. Gunakan Wi-fi

Mengakses data melalui koneksi Wi-fi lebih hemat baterai jika Anda menggunakan jaringan mobile, jadi yang terbaik tetap aktifkan Wi-fi jika ada jaringan yang tersedia.

Baca Juga :

Leave a comment