Mangindaan, Liow dan Pua Sosialisasi 4 Pilar di Kantor DPRD Tomohon

Reporter : | 21 Jul, 2016 - 9:18 pm WITA

Sosialisasi empat pilar 2TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI)Ketjen Purn Evert Ernest Mangindaan SIP dan dua anggota MPR-RI lainnya Ir Stefanus BAN Liow dan Ir marhanny Pua Kamis (21/7/2016) mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan bertempat di Aula Kantor DPRD Kota Tomohon.

Kegiatan ini dilaksanakan kerja sama dengan Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kota Tomohon.

Wakil Ketua MPR-RI EE Mangindaan mengajak semua yang hadir untuk lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Empat pilar tersebut yakni Pancasila Sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa, Undang Undang Dasar 1945 Sebagai landasan  konstitusional, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi, serta Bhinneka Tunggal Ika Sebagai kekayaan bangsa dan modal untuk bersatu.

‘’Kandungan nilai-nilai empat pilar kebangsaan dapat dijadikan landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selain itu juga merupakan dasar karakter bangsa yang harus terus dipertahankan dan dijaga dalam kehidupan sehari-hari,’’ kata Mangindaan.

Dengan melandaskan empat pilar ini tambahnya, akan menjadi tiang penyangga yang kokoh bagi aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang menghantarkan kepada kesejahteraan dan keadilan sebagaimana harapan warga negara Indonesia di era reformasi dan modernisasi ini.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SEAk memberi apresiasi atas kehadiran ketiga anggota MPR-RI asal Sulut tersebut. Ketiga figure tersebut merupakan tokoh masyarakat Sulawesi Utara.

EE Mangindan sebagai mantan Gubernur Sulawesi Utara, Ir Marhany Pua sebagai mantan Ketua Komisi Pemuda Sinode GMIM serta Ir Stefanus BAN Liow saat ini Ketua Komisi Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM.

Sosialisasi empat pilar‘’Sosialisasi ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehdupan berbangsa dan bernegara yakni untuk menanamkan rasa cinta tanah air, memiliki wawasan kebangsaan, serta untuk memperkuat potensi integrasi bangsa seperti kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar suku, golongan dan lain sebagainya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ kata Eman.

Momentum sosialisasi ini lanjut wali kota, dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat dalam membangun kesadaran untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara dalam hidup berdampingan dengan rukun dan damai pada bingkai NKRI, khususnya dalam bingkai Kota Tomohon sebagai kota multi dimensi agar semakin indah dalam keamanan, ketentraman, kenyamanan dan kedamainnya.

Sosialisasi 4 Pilar tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Ketua DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kota Tomohon Pdt Dan Sompe MTh MPdK, para anggota DPRD Kota Tomohon, anggota Bamag Kota Tomohon, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon serta peserta sosialsiasi. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment